Personel TNI dari Korps Marinir saat melakukan pembersihan jalan sekitar pesisir Pantai Talise, Palu, Rabu (17/10/2018). [iNews]

757 Marinir Normalisasi Jalan di Pesisir Pantai Talise

Palu, Jurnalsulawesi.com – Sebanyak 757 personel TNI yang tergabung dalam Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) penanggulangan bencana gempa bumi dan tsunami di Kota Palu, Sulawesi tengah (Sulteng), melaksanakan pembersihan dan menormalisasi Jalan Yos Sudarso di pesisir Pantai Talise, Rabu (17/10/2018). Prajurit dari Satuan Korps Marinir ini dipimpin Kolonel Marinir Arinto Benny Sarana sebagai Komandan Sektor Donggala.

Saat ini masih ada beberapa titik jalan yang tertimbun longsor antara Kecamatan Sindu dan Sirenza, sehingga hanya bisa dilalui satu jalur saja. Kondisi jalan yang masih banyak tertutup timbunan longsor mendesak di normalisasi.

“Alhamdulillah sekarang lalu lintas menuju Tolitoli sudah berjalan dengan lancar walau pun masih ada beberapa titik yang hanya bisa dilalui oleh satu kendaraan saja secara bergantian,” ujarnya.

Kolonel Marinir Arinto Benny Sarana mengatakan, ke-757 personel Marinir yang dikerahkan berasal dari Pasmar 1 Jakarta dan Pasmar 2 Surabaya. Anggota sudah tersebar di beberapa titik yang memiliki tugas untuk evakuasi korban dan sudah terlaksana dengan maksimal.

“Posisi pos-pos Marinir sepanjang Pantoloan tersebar di beberapa desa, dari kota Palu kurang lebih ada 120 km, mengawal dan mengawasi normalisasi jalan yang longsor di 11 titik. Sekarang sudah ada 4 titik yang sudah bisa dilalui seluruh mobil,” tutur Komandan Sektor Donggala,” kata Arinto.

Dia berharap seluruh masyarakat kota Palu dan Kabupaten Donggala yang mengungsi ke Makassar, Balikpapan dan wilayah lainnya agar kembali pulang. Masyarakat Palu dan sekitarnya harus dapat segera bangkit karena perekonomian dan kebutuhan logistik sudah terdukung semuanya.

“Sekarang ini jaringan listrik PLN masih dalam perbaikan karena banyak tiang yang kena longsoran. Tetapi PLN sudah bekerja keras. Perbaikan hanya menyisakan bebeapa titik saja. Kami bekerja terus siang malam untuk membantu masyarakat yang ada Kota Palu,” ucapnya.

Arinto juga menyampaikan pesan dari Komandan Korps Marinir kepada seluruh personel yang bertugas untuk tetap menjaga kekompakan dan kesehatan. Selalu bersemangat mengajak masyarakat untuk berpartisipasi karena TNI tidak lama di sini dan selanjutnya pemerintah daerah untuk bangkit meneruskan pembangunan di daerah tersebut. [***]

Sumber; iNews

(Visited 15 times, 1 visits today)
Bagikan Tulisan ini :

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*