Kapolda Kaltim Irjen Pol Drs. Priyo Widyanto M.M dan Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto, mengunjungi korban gempa Pasigala di Lapangan Kelurahan Kawatuna, Kota Palu, Rabu (10/10/2018). [Ist]

Aliansi Garuda Apresiasi Bantuan Polda Kaltim untuk Korban Gempa Pasigala

Palu, Jurnalsulawesi.com – Aliansi Gerakan Rakyat untuk Daerah (Garuda) memberikan apresiasi atas kepedulian jajaran Polda Kalimantan Timur (Kaltim) yang langsung menyambangi dan memberikan bantuan untuk para korban gempa, tsunami dan likuifaksi di Palu, Sigi dan Donggala (Pasigala) provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), pada Rabu (10/10/2018).

Dalam kunjungannya itu, jajaran Polda Kaltim dipimpin langsung oleh Kapolda Irjen Pol Drs. Priyo Widyanto M.M bersama Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto, menyerahkan bantuan logistik dan air bersih kepada pengungsi di lapangan Kelurahan Kawatuna Kota Palu.

“Kami atas nama warga Sulteng memberi apresiasi terhadap jajaran Polda Kaltim yang dipimpin langsung oleh kapolda bersama ibu-ibu Bhayangkara yang telah turun langsung membantu bencana korban bencana pasigala. Jajaran Polda Kaltim juga tanpa kenal waktu berjibaku melakukan yang terbaik untuk membantu warga yang ditimpa bencana,” kata Sekjend Aliansi Gerakan Rakyat untuk Daerah (Garuda), Mohamad Nizar Rahmatu, kepada Jurnalsulawesi.com, Kamis (11/10/2018).

Bantuan logistik Polda Kaltim kepada pengungsi korban gempa dan tsunami Pasigala. [Ist]

Selain memberikan bantuan logistik, ibu-ibu Bhayangkari dan para Polwan dari Polda Kaltim itu juga melakukan trauma healing kepada anak-anak di pengungsian. Hal ini merupakan kegiatan yag kesekian kalinya seperti yang sudah dilakukan di beberapa tempat pengungsian selama team dari Polda Kaltim berada di Palu sejak 4 Oktober 2018 lalu.

“Tim Bhayangkara Polda Kaltim benar-benar berkontribusi besar terhadap normalnya kembali SPBU serta warung makan, bahkan toko-toko termasuk toko bangunan. Saya melihat dan menyaksikan langsung yang mana aparat-aparat dari Polda Kaltim mendorong masyarakat untuk kembali beraktifitas seperti sebelum bencana, sehingga ekonomi khususnya di Kota Palu benar-benar mulai pulih,” ujar Nizar Rahmatu, yang juga Wasekjen Pimpinan Pusat GP Ansor ini.

Giat lain yang dipimpin langsung oleh Kapolda Kaltim itu diantaranya, mendistribusikan bahan makanan di daerah pegunungan tepatnya di Desa Raraginau, Kabupaten Sigi yang sempat terisolasi karena karena jalan putus akbibat gempa. Untuk mencapai desa tersebut, harus ditempuh dengan jalan kaki selama 4 jam.

Wakapolda Kaltim bersama ibu-ibu Bhayangkari dan Polwan melakukan trauma healing dengan bernyanyi bersama anak-anak di pengungsian. [Ist]

Bantuan yang diserahkan berupa 1 ton beras, 200 dus mie instan, 50 dus sarden dan 1 kwintal ikan asin.

Bantuan dari jajaran Polda Kaltim ini merupakan bantuan yang pali besar yang diterima warga Desa Raraginau, pasca gempa yang menerjang wilayah Pasigala.

Selain itu juga dilakukan pengobotan kepada 33 warga yang sedang sakit, yang dipimpin langsung Kabid Dokes Polda Kaltim AKBP dr. Gande bersama empat tenaga medis. [***]

Penulis; Sutrisno/*

(Visited 32 times, 1 visits today)
Bagikan Tulisan ini :

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*