Sekdaprov, Mohammad Hidayat Lamakarate dan Kepala OPD mendengarkan sambutan Gubernur Sulteng, Longki Djanggola, di Halaman Kantor Gubernur, Senin (19/3/2018). [Bob Shinoda]

ASN Diminta Berikan Pelayanan Berkualitas

Palu, Jurnalsulawesi.com – Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola menegaskan, di era reformasi dan globalisasi saat ini telah memberi perubahan lingkungan strategis dan paradigma, sehingga tuntutan masyarakat dan dunia usaha terhadap peningkatan kualitas pelayanan menjadi hal penting.

Hal itu disampaikan Gubernur Longki dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Asisten III Administrasi Umum dan Organisasi, Moeliono saat membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Lanjutan, di Swiss Belhotel Palu, Rabu(1/8/2018).

“Hal ini lantaran masih ditemui keluhan dan kritikan dari masyarakat baik melalui media massa maupun laporan langsung,” katanya.

Asisten Moeliono menuturkan, rata – rata keluhan terlihat dari sistem dan prosedur pelayanan yang masih berbelit – belit, jangka waktu penyelesaian pelayanan yang tidak pasti, informasi pelayanan yang tidak transparan, serta sikap dan perilaku petugas atau aparatur pelayanan yang kurang professional.

Kegiatan ini diprakarsai Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) bersama Lembaga Administrasi Negara (LAN) bekerjasama dengan Biro Otonomi Daerah Pemprov Sulteng terkait Penyusunan Standar Pelayanan (SP). Di manadilakukan survei Kepuasan Masyarakat (SKM) dan Forum Konsultasi Publik (FKP). Berkaitan dengan hal itu, pemerintah terus berupaya dengan berbagai langkah ke arah perbaikan.

“Peningkatan kualitas pelayanan yang baik terutama yang berkaitan dengan tugas pelayanan masyarakat,” tutur Asisten Moeliono.

Untuk itu katanya, aparat pemerintah diharapkan lebih menyadari dan menghayati fungsinya sebagai abdi negara dan abdi masyarakat dengan memberikan pelayanan yang cepat, tepat, murah, aman, pasti, serta dapat dipertanggungjawabkan.

“Dengan pelaksanaan Bimtek lanjutan penyusunan SP, SKM dan FKP diharapkan para peserta dapat mengetahui dengan benar tugas pokok dan fungsinya masing-masing,” ujar Asisten Moeliono.

Diharapkan Bintek itu sebagai upaya peningkatan kualitas pelayanan publik yang telah diamanatkan dalam Undang – undang No 25 Tahun 2009. [***]

 

Penulis; Bob Shinoda

(Visited 7 times, 1 visits today)
Bagikan Tulisan ini :

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*