Kanwil Kemenkumham, Juliasman Purba (ketiga kanan), Derry Djanggola, Asisten, Mulyono dan beberapa pejabat lainnya dengan peserta Lastar di kantor BPSDM, Senin (21/5/2018). [Bob Shinoda]

ASN Kemenkumham Harus Profesional

Bagikan Tulisan ini :

Palu, Jurnalsulawesi.com – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Hukum dan HAM Sulawesi Tengah, Juliasman Purba menyampaikan bahwa penyelenggaraan Pelatihan Dasar (Lastar) bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) bertujuan membentuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang profesional sebagai pelayan masyarakat.

“Dapat dibentuk dengan nilai – nilai dasar profesi karena keberhasilan organisasi dapat ditentukan dengan kemampuan sumber daya manusia yang handal dan professional,” katanya membacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly pada pembukaan pelatihan dasar CPNS golongan II dan III lingkup Kanwil Sulteng Kemenkumham RI di kantor BPSDM, Senin (21/5/2018).

Juliasman menuturkan, PNS handal dan profesional mampu menciptakan iklim birokrasi yang bermutu, serta selalu mengedepankan kepentingan public. Lastar ini juga merupakan salah satu syarat pengangkatan CPNS menjadi PNS. Diharapkan nantinya peserta Lastar ini dapat membangun integritas moralnya, kejujurannya, semangat, motivasi, dan karakter kepribadian dapat menjadi ASN yang unggul.

“ASN bertanggung jawab serta dapat memperkuat rasa profesionalisme yang berkompetensi sesuai dengan tuntutan dari Undang – Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN,” katanya.

Kegiatan Latsar CPNS ini merupakan kerja sama antara BPSDMD Hukum dan HAM dengan BPSDMD Sulteng yang diikuti peserta berjumlah 271 orang beserta para mentor yang nantinya akan berproses dan bersinergi selama kurang lebih 113 hari di BPSDMD Sulteng. Secara klasikal penenaman nilai – nilai dasar 33 hari, dan 80 hari non klasikal atau aktualisasi di tempat kerja.

Dalam sambutannya Menteri Yasonna menyampaikan tujuan Latsar CPNS golongan II dan III tahun 2018 adalah untuk membentuk PNS yang profesional dan berkarakter. Yang karakternya dibentuk oleh sikap dan perilaku disiplin, meresapi nilai – nilai dasar PNS dan memiliki pengetahuan tentang kedudukan dan peran PNS dalam NKRI, serta menguasai bidang tugasnya sehingga mampu melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai pelayan masyarakat secara profesional dan menunjukkan peguasaan kompetesi teknis yang dibutuhkan sesuai bidang dan tugasnya masing-masing.

Peningkatan kompetesi yang dimaksud diharapkan mampu memperkuat gerakan, suatu gerakan rakyat bersama pemerintah untuk memperbaiki karakter bangsa menjadi Indonesia yang lebih baik.

“Ini suatu keharusan agar bangsa kita bisa berdiri sejajar dengan bangsa-bangsa lain di dunia. Kita bisa membuat Indonesia menjadi lebih baik,” jekasnya.

Dengan diharapkan kepada peserta setelah mengikuti pelatihan dasar ini setiap peserta mampu membangun kompetesinya dan nantinya saat kembali ke bidang kerja masing-masing dapat mendukungnya. [***]

Penulis; Bob Shinoda
Editor; Sutrisno

(Visited 20 times, 1 visits today)

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*