Logo WhatsApp

Back Up Data WhatsApp Tak Dijamin Aman

Jurnalsulawesi.com – Pengguna WhatsApp yang mengharapkan back up datanya terlindungi Google Drive harus gigit jari. Ternyata, aplikasi perpesanan daring itu melakukan hal sebaliknya. WhatsApp tak menjamin data yang disalin dalam Google Drive terenkripsi alias aman.

“Media dan pesan yang Anda back up tidak sepenuhnya terproteksi oleh enkripsi end-to-end WhatsApp di Google Drive,” ujar WhatsApp, dilansir laman Express, Senin (10/9/2018).

Aplikasi milik Facebook itu tidak hanya sekali mengingatkan mengenai hal ini. Peringatan kepada pengguna ini disampaikan WhatsApp seiring dengan masa back up data ke Google Drive hingga 12 November mendatang.

Bagi pengguna, tentu saja hal ini bisa menimbulkan ketakutan atas privasi yang terbiasa dengan enkripsi pada aplikasi tersebut.

Hingga 12 November 2018 pengguna WhatsApp diingatkan untuk melakukan pembaruan dan back up data mereka. Jika sampai tanggal tersebut tak juga diperbarui, pengguna bisa kehilangan file yang ada di WhatsApp.

Google mengingatkan juga untuk melakukan back up dengan manual. Kebijakan tersebut berlaku pada seluruh pengguna WhatsApp hingga waktu yang telah ditentukan.

Back up WhatsApp yang tidak diperbarui lebih dari satu tahun akan otomatis terhapus dari penyimpanan,” ujar Google.

Pemberitahuan ini dilakukan menyusul perjanjian antara WhatsApp dengan Google yaitu back up WhatsApp tidak lagi dihitung oleh kuota penyimpanan Google Drive.

“Untuk menghindari kehilangan back up, kami rekomendasikan pengguna untuk back up WhatsApp sebelum 12 November 2018,” ujar kedua perusahaan. [***]

Sumber; Viva

(Visited 13 times, 1 visits today)
Bagikan Tulisan ini :

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*