Instagram membuat situs untuk para orang tua agar bisa memantau aktivitas online anak-anaknya. [Ist]

Bantu Orang Tua, Instagram Desain Situs Pemantau Aktivitas Anak

Jurnalsulawesi.com – Media Sosial kini sangat mudah diakses oleh semua kalangan, termasuk anak-anak. Kondisi ini menimbulkan kekhawatiran bagi para orang tua jika buah hatinya melihat konten-konten yang tidak sesuai dengan usianya.

Instagram pun merilis situs yang memungkinkan orang tua bisa mengontrol aktivitas online anak-anaknya.

“Kami tahu banyak orang tua memikirkan mengenai apa yang anak-anak mereka lakukan saat online, kami memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwa Instagram adalah tempat yang positif,” tulis Marne Levine Chief Operating Officer Instagram disitat laman blog resmi Instagram, Jumat (7/9/2019).

Situs itu bertajuk Parents Guide, di mana Instagram berfokus pada tiga hal yaitu pengelolaan privasi, interaksi, dan waktu penggunaan. Dalam menciptakan situs ini, Instagram dibantu oleh sejumlah ahli dalam bidang pendidikan dan media sosial.

Tak hanya itu, pihaknya juga berkolaborasi dengan sejumlah asosiasi. Misalnya, National Alliance for Mental illness, ConnectSafely, dan National Eating Disorder Association.

Dengan mengetahui cara kerja aplikasi, maka dapat membantu orang tua memulai percakapan dengan anak-anaknya tentang bagaimana mereka menggunakan Instagram. Sebenarnya tidak ada fitur baru mengenai Instagram dalam situs ini, hanya saja laman Daily Mail melaporkan, situs ini memberikan informasi kepada orang tua tentang hal apa saja yang harus diskusikan orang tua dengan buah hatinya. Apakah mereka harus menjadikan akun publik atau pribadi dan jenis kontrol privasi apa yang mereka miliki di aplikasi.

Kontrol ini mencakup memfilter kata-kata ofensif tertentu agar tidak muncul di komentar, memblokir pengguna, dan melumpuhkan orang agar tidak mengomentari pos sepenuhnya. Instagram juga menyertakan daftar petunjuk untuk membantu mengarahkan percakapan antara orang tua dan anak-anak.

Misalnya tentang bagaimana anak mereka akan menanggapi bullying di Instagram, apakah mereka pernah merasa tidak nyaman dengan konten yang dibagikan di aplikasi, dan lainnya. [***]

 

Sumber; Sindonews

(Visited 11 times, 1 visits today)
Bagikan Tulisan ini :

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*