Bantuan Dana Desa Sulteng Capai Rp1,24 Triliun

[Ilustrasi]

Palu, Jurnalsulteng.com- Bantuan dana desa tahun anggaran 2016 yang dialokasikan pemerintah pusat untuk Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) mencapai Rp1,124 triliun, meningkat 100 persen dibanding 2015 sebesar Rp500,3 miliar.

Kepala Bidang Pemerintah Desa dan Kelurahan Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Sulteng, Hatijah yang dilansir Antara, Kamis (17/3/2016), mengemukakan jika digunakan dengan benar oleh masing-masing desa penerima, akan sangat besar manfaatnya bagi pembangunan dan peningkatan perekonomian masyarakat.

Pada 2015, katanya, dana desa sebesar Rp500,301 miliar tersebut disalurkan kepada 1.839 desa yang tersebar di 12 kabupaten.

Jumlah alokasi dana desa di tiap desa bervariasi karena disesuaikan dengan luas wilayah dan jumlah penduduk serta kondisi geografis desa.

Jadi, kata dia, setiap desa menerima dana desa dengan jumlah yang tidak sama satu sama lainnya.

Namun demikian, penyaluran dana desa untuk 2015 tidak melalui provinsi, tetapi langsung dari pusat ke setiap kabupaten.

Ia juga mengatakan pemerintah juga merekrut tenaga pendamping dana desa mulai tingkat kabupaten, kecamatan dan desa.

Untuk tingkat kabupaten ada 62 orang tenaga ahli, 379 orang tenaga pendamping kecamatan dan sebanyak 516 orang tenaga pendamping dana desa di desa.

Kabid Pemdes dan Kelurahan Provinsi Sulteng Hatijah yang didampingi konsultan program dana desa Alif Riwidya mengatakan hasil uji petik secara informal, penggunaan dana desa banyak yang tidak tepat sasaran.

Bahkan pada rapat koordinasi dengan para bupati se-Sulteng beberapa waktu lalu, Gubernur Sulteng Longki Djanggola juga mengatakan hal yang sama.

Begitu juga beberapa bupati melaporkan bahwa selain banyak yang tidak tepat sasaran, juga pertangungjawaban penggunaan anggaran tidak jelas.

Hal itu dikarenakan atara lain banyak aparat desa yang tidak memahami regulasi-regulasi yang diterbitkan pemerintah terkait pengelolaan dana desa.

Sementara hasil pemantauan Antara di sejumlah desa penerima dana desa di Kabupaten Sigi seperti di Desa Jono`oge, Kecamatan Sigibiromaru dan Lembantongoa, Kecamatan Palolo, Kabupaten Sigi, dana desa 2015 digunakan antara lain membangun jaringan irigasi desa, akses jalan usaha tani dan juga memperbaiki jalan desa.[***]

Source; Antara 

Komentar Anda..!

Komentar

Tinggalkan Komentar Anda...