Sosial media [Ilustrasi]

Bikin Ketergantungan, Ini Dampak Medsos untuk Kesehatan Manusia

Jurnalsulawesi.com – Semakin berkembangnya zaman, manusia pun dimudahkan dengan berbagai teknologi canggih. Tidak terkecuali media sosial yang membuat manusia memiliki wadah berkomunikasi dengan teman yang kadang terhalang jarak.

Mereka pun kini tidak perlu lagi bertemu untuk sekadar membicarakan sesuatu hal. Misalnya cukup dengan berkirim pesan, saling mengunggah foto, atau melihat tulisan kabar temannya yang lain.

Mengutip dari How It Works Daily, Rabu (8/8/2018), bermain media sosial sering membuat seseorang secara tidak sadar lupa waktu dan mengalami kecanduan internet. Pada abad 21, gangguan ini dikenal sebagai penggunaan internet yang bermasalah atau impulsif.

Hal tersebut dikarenakan ketika seseorang membuka media sosial dan menemukan sesuatu yang menyenangkan, cenderung ingin melihatnya lagi dan lagi, sehingga menimbulkan rasa yang kurang ketika menghentikan kegiatan tersebut.

Maka dari itu, media sosial kerap digunakan untuk menimbulkan perasaan baik. Namun tanpa disadari, terkadang medsos juga menjadi bumerang bagi diri sendiri sehingga tidak jarang sering muncul hal-hal bersifat buruk.

Pada 2016, Childline menyampaikan terdapat 12.000 konseling terkait masalah di internet dan penindasan yang terjadi di dunia maya. University of Pittsburgh menemukan bahwa lebih dari 1.700 orang dewasa menghabiskan waktu lebih banyak di media sosial yang kemugkinan besar mengalami dampak buruk seperti tekanan.

Lebih lanjut dalam survei di Inggris terhadap hampir 1.500 remaja dan dewasa muda menemukan bahwa situs yang berfokus pada gambar seperti Instagram dan Snapchat memberikan dampak buruk dalam hal kecemasan serta kesehatan mental.

Melihat lebih jauh, ini bukan berarti juga bahwa media sosial menyebabkan masalah kesehatan mental. Beberapa orang menghabiskan lebih banyak waktu di situs daring ketika merasa sedih atau cemas. Di sisi lain, medsos juga digunakan untuk meningkatkan kesadaran mental guna membantu seseorang yang bisa diajak berkomunikasi. [***]

 

Sumber; Okezone

(Visited 22 times, 1 visits today)
Bagikan Tulisan ini :

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*