Dr. Rahmad M Arsyad.

Biografi, Gagasan dan Keabadian…

Oleh: Dr Rahmad M Arsyad
Bagi saya, menulis biografi bukan sekedar bercerita tentang kehidupan seseorang. Apalagi, hanya pertunjukan cerita kesuksesan dan upaya memberikan pujian. Biografi sesuai asalnya, berasal dari bahasa Yunani, yakni ‘bios’ yang artinya hidup dan ‘graphien’ berarti tulisan.

Biografi adalah tulisan tentang kehidupan, menyangkut orang yang hidup dan perjalanan kehidupan mereka. Sesuatu yang sudah pasti, punya sisi baik dan buruk, susah dan senang.

Karena demikianlah perjalanan hidup yang sebenarnya. Ada tanggisan, tawa, marah dan benci.Semuanya campur aduk, tinggal bagian mana yang hendak dipilih, disitulah seorang penulis berperan, memilih bagian tertentu dari sisi kehidupan yang akan dituliskannya.

Karena sedekat apapun seorang penulis dengan objek tulisan, tetap saja ada ruang yang tersembunyi dari kehidupan seseorang yang sengaja ditutupi yang cukup diri itu sendiri dan Tuhan yang tahu.

BACA JUGA: Akan Launching di PGM
Menulis biografi seorang Hidayat Lamakarate, bagi saya adalah menulis tentang kehidupan seorang birokrat sejati, sosok yang ditakdirkan dan dilahirkan untuk menjadi seorang pamong sekaligus pemimpin.

Kehidupannya sebagai seorang putra Walikota, sekolahnya yang APDN, serta institut ilmu pemerintahan (IIP), adalah penanda dari jejak kehidupan yang dijalaninya, sebagai orang pemerintahan.

Saya sendiri mengenal Hidayat Lamakarate cukup panjang dan melihat kehidupannya dari ruang yang sangat dekat, melalui perjalanan dan pergantian karir yang dilaluinya dari waktu ke waktu. Baik sebagai adik, teman dan sahabat, sesuatu yang memudahkan saya dalam menyusun alur cerita dalam buku Matahari Khatulistiwa.

Namun, sebagai penulis saya harus tetap punya batas agar tidak terjebak menjadikan kakak saya tersebut, dalam rasa megalomania, hiperbolik tekstual, menghilangkan sisi dirinya sebagai manusia biasa, orang yang juga kadang merasakan susah, sedih dan senang layaknya orang-orang pada umumnya.

Karena jujur saja, semakin berdekatan dengan seorang Hidayat Lamakarate kita akan merasakan dan melihat langsung, perlindungan seorang kakak, konsistensi seorang birokrat sejati dan ketulusan seorang saudara.Sesuatu yang jarang dimiliki oleh orang biasa, karena Hidayat Lamakarate memang seorang matahari yang rela berbagi terang di bumi Khatulistiwa, semoga karya ini bisa menjadi inspirasi dan abadi dalam benak banyak orang. [***]

(Dr. Rahmad M Arsyad adalah Penulis Biografi Hidayat Lamakarate “Matahari Khatulistiwa”)

(Visited 74 times, 1 visits today)
Bagikan Tulisan ini :

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*