Bupati Kasman Lassa, menyampaikan pidato nota keuangan pertanggungjawaban atas pelaksanaan APBD Tahun 2017, pada sidang Paripurna DPRD Donggala, Senin (30/7/2018). [Jose Rizal]

Bupati Donggala Bacakan Nota Pertanggungjawaban APBD 2017

Donggala, Jurnalsulawesi.com – Bupati Donggala, Drs Kasman Lassa, SH, menyampaikan pidato nota keuangan pertanggungjawaban atas pelaksanaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2017, pada sidang paripurna masa sidang kedua tahun sidang 2018 di Kantor DPRD Donggala, Senin (30/7/2018).

Dalam pidatonya Kasman Lassa menyampaikan, dibandingkan dengan tahun anggaran 2016, secara umum kondisi Pendapatan Daerah tahun anggaran 2017 mengalami penurunan, baik dari sisi target maupun realisasinya yakni sebesar 10,0 persen.

Kasman juga menguraikan, soal defisit daerah sebesar Rp92 miliar lebih yang tercantum dalam Laporan Operasional (LO)

Adapun gambaran umum capaian kinerja keuangan selama tahun 2017 dari sisi pendapatan daerah yang terealisasi sebesar Rp1.136.703.943.698,65 atau 93,93 persen dari target sebesar Rp1.210.201.217.326,17,-.

“Dari pelaksanaan APBD tahun 2017 telah dilakukan berbagai upaya pembangunan di daerah ini untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. Namun, tidak sedikit kendala kita hadapi dalam pelaksanaanya,” ungkap Kasman.

Dalam pidatonya, Kasman Lassa juga menyinggug soal Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK Perwakilan Sulteng yang memberikan opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) untuk kali kedua kepada Pemkab Donggala atas pengelolaan anggaran daerah.

Hal-hal yang menjadi pengecualian kata Kasman adanya kelemahan dalam pengendalian pajak daerah, pengendalian pengelolaan belanja pegawai, pengendalin atas belanja modal, kelemahan pengelolaan kas, ketidaksesuaian metode pelaksanaan pekerjaan, serta kelebihan pembayaran pada kekurangan volume pekerjaan.

“Saya berharap agar seluruh jajaran Pemkab Donggala harus lebih bekerja keras untuk melakukan perbaikan-perbaikan, meningkatkan pengawasan dan mencari solusi dalam menentukan langkah-langkah kebijakan pada tahun yang akan datang,” tutup Kasman. [***]

Penulis; Jose Rizal

(Visited 47 times, 1 visits today)
Bagikan Tulisan ini :

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*