Korlap aksi Afandi saat berorasi di depan Kantor DPRD Kota Palu, Senin (26/3/2018). [Bob]

Buruh Demo Anugerah Perdana, Massa Desak Tangkap Alosyus

Palu, Jurnalsulawesi.com – Sejumlah Organisasi Masyarakat (Ormas), seperti KSBSI, SPHP, Aliansi Palu Monggaya (APM) tergabung dalam Forum Rakyat Buruh Tertindas (FRBT) melakukan aksi unjuk rasa di depan gedung kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palu, Senin (26/3/2018).

Massa aksi mencapai seribuan orang ini mendesak pihak DPRD Palu agar melakukan mediasi atas kasus kriminalisasi mantan pegawai staf Main Dealer motor Honda CV. Anugerah Perdana, Yece Novita Kasese oleh pihak perusahaan dealer motor honda tersebut.

“Kami meminta kepada DPRD untuk mendesak pihak Polda SP3 kasus Yece Novita Kasese,” tegas Koordinator Lapangan, Afandi di hadapan sejumlah anggota dewan kota.

Dalam orasinya, ia meminta agar pihak Kepolisan Daerah (Polda) Sulteng, menangkap dan mengadili Alosyus Widiatmoko sebagai pembuat laporan palsu terhadap buruh yang melakukan pemalsuan surat pidana 263 KUHP.

“Tangkap dan adili pengusaha atau owner PT. Anugerah Wina Sentosa yang sudah di BAP oleh Polda Sulteng,” tandasnya.

Ia juga mendesak agar pihak Polda menangkap dan mengadili beberapa manajemen pengusaha dan perusahaan diantaranya PT. Wulantika Utama dan PT. Borwita Citra Prima dan Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Palu yang melakukan union busting terhadap anggota serikat buruh di dua perusahaan tersebut sesuai dengan Undang-undang Nomor 21 Tahun 2000.

Massa juga mendesak agar pihak berwenang bertindak tegas terhadap oknum pegawai mediator dan pengawas Ketenagakerjaan di Dinas Nakertrans Kota Palu dan Provinsi Sulteng. [***]

 

Penulis; Bob Shinoda

(Visited 590 times, 1 visits today)
Bagikan Tulisan ini :

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*