Koordinator SPHP Sulteng, Agussalim Faisal, SH (tengah) melakukan orasi di depan DPRD Kota Palu, Senin (26/3/2018). [Bob]

Buruh Desak DPRD Panggil JNE, Varia Kencana dan BNS

Palu, Jurnalsulawesi.com – Seribuan orang buruh dari sejumlah elemen Organisasi Masyarakat (Ormas), seperti KSBSI, SPHP, Aliansi Palu Monggaya (APM) yang tergabung dalam Forum Rakyat Buruh Tertindas (FRBT) melakukan aksi unjuk rasa, Senin (26/3/2018).

Dalam aksi tersebut, mereka melakukan orasi di beberapa tempat diantaranya, di Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Moh. Hatta, Jalan Mawar, Bundaran Hasanuddin, dan Jalan Monginsidi tepatnya di depan kantor Main Dealer Motor Honda CV. Anugerah Perdana Palu.

Massa kemudian menuju titik orasi kedua dimulai lagi Jalan Monginsidi, Hasanuddin, Jenderal Sudirman, dan Moh. Hatta. Dan titik orasi ketiga di Jalan Setia Budi dan Jalan Otista.

Kemudian aksi unjuk rasa buruh ini di pusatkan di Kantor Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kota Palu.

BACA JUGA: Buruh Demo Anugerah Perdana
Menurut Agussalim Faisal, SH selaku penasehat hukum buruh, mereka menuntut 11 tuntuan, di antaranya meminta atas hak-hak dan upah layak sesuai Upah Minimum Provinsi (UMP), yakni Rp1,9 juta lebih.

Sementara itu, Koordanitor Lapangan (Korlap), Afandi, menegaskan saat ini beberapa perusahaan masih membayar gaji buruh di bawah dari UMP.

“Masih ada ada perusahaan yang memberikan upah satu juta enam ratus ribu rupiah kepada buruh,” tandas Afandi dalam orasinya di depan gedung DPRD Kota Palu.

Di antara beberapa tuntutan yang mereka suarakan, yaitu mendesak DPRD memanggil pihak perusahaan PT. JNE dan PT. Varia Kencana untuk menanyakan hak normatif buruh.

“Bayangkan saja perjalanan keluar kota mereka hanya diberi uang makan lima belas ribu per hari,” ungkapnya.

Afandi juga mengatakan, PT. Bumi Nyiur Swalayan (BNS) harus membayar kekurangan upah karyawan. Afandi menambahkan DPRD Kota Palu diminta agar mendesak perusahaan PT. Niaga Nusa Abadi distributor rokok class mild untuk memanggil kembali buruh yang di PHK agar bekerja bisa kembali.[***]

Penulis; Bob Shinoda

(Visited 599 times, 1 visits today)
Bagikan Tulisan ini :

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*