Bus Damri jurusan Buol-Palu yang mengalami kecelakaan di Dusun II Desa Siboang, Kabupaten Donggala, Minggu (22/7/2019), ringsek dan menewaskan tiga penumpang. [Ist]

Bus Damri Jurusan Buol-Palu Terbalik, Tiga Penumpang Tewas

Donggala, Jurnalsulawesi.com – Sebuah bus Damri dengan nomor polisi (Nopol) DN 7150 AU jurusan Buol-Palu yang mengangkut 20 penumpang mengalami kecelakaan tunggal, di Dusun II Desa Siboang, Kabupaten Donggala, Minggu (22/7/2019), sekira pukul 01.00 WITA.

Kecelakaan terjadi saat bus melintasi Dusun 11 Desa Siboang tepatnya di tikungan SMPN 1 Sojol Desa Siboang, sopir tidak bisa mengendalikan laju kendaraan saat di tikungan, sehingga terbalik di depan rumah seorang warga bernama Abd Rauf.

Akibat lakalantas tersebut tiga penumpang meninggal dunia yakni Susanti Laindjong (19) warga jalan Kancil Kecamatan Biau Kabupaten Buol, Nofika WJM Sado (22) warga Kampung Bugis, Kabupaten Buol, serta Nurfita Julia (15) yang juga warga Kabupaten Buol. Dua penumpang meninggal dunia dilokasi kejadian sementara Nurfita meninggal di Puskesmas Tonggolobibi, saat hendak di rujuk ke RS Undata Palu.

Sementara 14 penumpang lainya selamat dan hanya mengalami luka ringan. Lain halnya dengan Aruju Djtio, penumpang yang satu ini putus tangan sebelah kanan, sehingga harus dirujuk di RSUD Undata Palu.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, kejadian ini berawal ketika Sabtu, (21/7/2018) sekira pukul 10.00 Wita, bus Damri warna putih biru berangkat dari agen Damri Kecamatan Lipunoto, Kabupaten Buol yang dikemudikan Moh Sabit N Tihila sebagai sopir utama, Risno sebagai sopir cadangan, serta karnet Evan dengan memuat 20 orang penumpang.

Saat melintas di Desa Balukang sekira Pukul 01.00 Wita, sopir utama digantikan oleh supir cadangan, lalu saat berada di Dusun 11 Desa Siboang tepatnya di tikungan SMPN 1 Sojol Desa Siboang, Risno tidak bisa mengendalikan laju kendaraannya, sehingga terbalik dan memakan korban jiwa.

Kecelakaan lalulintas tersebut sempat mengundang kerumanan warga dan alngsung melakukan evakuasi dan pertolongan dengan melarikan korban ke Puskesmas Tonggolobibi.

Bagian depan bus Damri hancur dan posisi bus berada diatas drainase. [Ist]

Adapun penumpang Bus Damri yang selamat Risno (33) sopir cadangan warga Kelurahan Silae Kecamatan Ulujadi mengalami memar dibagian dada sebelah kanan. Evan (31) karnet warga jalan Lasoso Kecamatan Palu Barat, luka lecet di bibir, Rahman (68) dan Rafiah (62) warga Tolitoli, Muh. Sabit N Tihila, (47) sopir utama warga Buol, Risna ( 32), Arul (11), MIRA (23), Misbah (21), Ira (35) serta Fira yang kesemuanya warga Kabupaten Buol.

Mendapat informasi tersebut, aparat kepolisian Polisi langsung menerjunkan anggotanya ke TKP untuk mengamankan lokasi dan mengevakuasi korban ke rumah sakit.

Saat ini kecelakaan itu telah ditangani aparat Direktorat Lalu Lintas Polda Sulteng bersama Satuan Lalu Lintas Polres Donggala. [***]

 

Penulis; Rabiatul Adawiyah
Editor; Agus Manggona

(Visited 285 times, 1 visits today)
Bagikan Tulisan ini :

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*