[Ilustrasi]

Dapil di Kota Palu Tidak Bertambah

Palu, Jurnalsulawesi.com – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu Marwan P Angku mengatakan, kemungkinan besar tidak ada penambahan daerah pemilihan (Dapil) dalam pemilihan umum (Pemilu) tahun 2019 mendatang.

Hal itu kata dia, terlihat dalam rapat kerja penataan Daerah Pemilihan (Dapil) dan simulai perhitungan alokasi kursi, untuk Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Palu pada Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 mendatang, belum lama ini.

Kata Marwan, simulasi penetapan dapil tersebut, merujuk pada aturan yang berlaku yang disesuaikan dengan kondisi dan perkembangan jumlah penduduk di daerah masing-masing.

“Untuk Kota Palu kemungkinan besar tidak ada penambangan dapil,” ungkap Marwan, Senin (18/12/2017).

Sementara itu, komisioner KPU Palu Agusalim Wahid mengatakan dalam penetapan Dapil untuk Pemilu tahun 2019, mengacu pada Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 dengan dan tujuh prinsip yang menjadi pertimbangan, dimana ada tiga ketetapan yang diatur dalam UU tersebut.

Kata dia seperti dilansir Antara, tiga ketetapan itu berkaitan dengan penataan dapil DPR RI, yang diatur dalam lampiran III UU No 7 Tahun 2017, penataan Dapil untuk DPRD tingkat Provinsi diatur dalam lampiran IV serta penataan Dapil untuk DPRD Kabupaten dan Kota berdasarkan PKPU itu sendiri.

“Namun KPU Kota, akan mengusulkan ke KPU RI, karena disana yang menetapkan nantinya,” ungkapnya.

Selain itu, tujuan lain dilaksanakan simulasi tersebut, yakni menjaring aspirasi, usulan dan saran dari peserta rapat, yang melibatkan kalangan politisi keterwakilan partai politik, akademisi dan jurnalis.

“Kalau kita mengacu pada data yang bersumber dari Dukcapil Palu, maka untuk penetapan dapil tidak akan ada ketambangan atau pengurangannya, dan tetap bertahan di empat dapil saja,” tutup Agusalim. [Antarasulteng.com]

(Visited 40 times, 1 visits today)
Bagikan Tulisan ini :

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*