Sekdaprov Mohammad Hidayat Lamakarate (tengah) memimpin Rakor dengan Pemkab Bangkep di ruang Polibu Kantor Gubernur Sulteng, Kamis (18/1/2018). [Bob Shinoda]

Daratan Terbatas, Pemkab Bangkep Usulkan Reklamasi

Bagikan Tulisan ini :

Palu, Jurnalsulawesi.com – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep), Rahmat Laboho, mengatakan untuk menata ibu kota setempat, terbentur dengan keterbatasan wilayah daratan. Untuk itu, Pemkab Bangkep berencana memanfaatkan ruang dengan melakukan reklamasi Pantai Salakan.

Hal tersebut dikemukakannya dalam rapat koordinasi (Rakor) bersama Pemerintah Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) tentang rencana dan pemanfaatan reklamasi Pantai Salakan di ruang rapat Polibu Kantor Gubernur, Kamis (18/1/2018).

Menurut Rahmat, luas areal yang akan direklamasi sekira 25 hektar dengan kebutuhan material 1.000.000 M2 yang dapat diambil dari lokasi sumber material seluas 15,17 Hektar.

Dalam Rakor yang dipimpin Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sulteng Mohammad Hidayat Lamakarate didampingi Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) Sulteng, Hasanuddin Atjo dan dihadiri beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tehnis, Rahmat mengatakan yang paling utama rencana reklamasi ini juga dilakukan untuk mencegah terjadinya bencana erosi.

“Untuk itulah sehingga Pemerintah Kabupaten Banggai Kepulauan mengajukan Permohonan Untuk dapat difasilitasi rencana pelaksanaan rencana reklamasi Pantai Salakan,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekdaprov) Sulteng, Mohmmad Hidayat Lamakarate, menyampaikan bahwa usulan rencana reklamasi Pantai Salakan akan ditindaklanjuti, namun harus tetap mengacu perundang-undangan.

“Akan ditindaklanjuti dan usulan akan dijawab dengan Pemerintah Daerah Provinsi sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku,” katanya.

Sekdaprov Hidayat Lamakaratae menuturkan, Pemprov Sulteng akan memberikan bantuan untuk dapat mewujudkan apa yang diusulkan Pemkab Bangkep tentang rencana reklamasi ini.

Harapannya jangan sampai tujuan pelaksanaan reklamasi tersebut untuk menanggulangi terjadinya bencana yang dapat menimbulkan terjadinya bencana baru, akibat pengambilan material bahan reklamasi Pantai Salakan tersebut.

Ia menegaskan agar proses ini dapat dilaksanakan harus sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku dan yang paling utama bahwa pelaksanaan reklamasi tersebut untuk kemaslahatan masyarakat banyak di Bangkep. [***]

Rep; Bob Shinoda
Red; Sutrisno

(Visited 53 times, 1 visits today)

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*