Parade Militer Korut

Digelar Sebelum Olimpiade, Pawai Militer Korut Dianggap Provokasi

Bagikan Tulisan ini :

Pyongyang, Jurnalsulawesi.com – Korea Utara (Korut) membela rencanya untuk melakukan parade militer sehari sebelum pembukaan Olimpiade Musim Dingin di Korea Selatan (Korsel). Pyongyang berencana untuk memperingati ulang tahun ke-70 militernya pada 8 Februari.

Sebelumnya, parade tahunan diadakan pada tanggal 25 April selama bertahun-tahun. Namun pemerintah mengumumkan bulan lalu bahwa mulai tahun ini akan berlangsung pada tanggal 8 Februari.

“Tidak ada yang berhak mengambil keputusan terhadap acara tersebut,” tulis Rodong Sinmun, harian resmi Partai Pekerja Korut yang berkuasa.

“Ini adalah kebiasaan dan akal sehat yang sangat mendasar bahwa setiap negara di dunia memperingati ulang tahun militernya dengan sangat serius dan merayakannya,” sambungnya seperti dikutip dari AFP, Minggu (4/2/2018).

Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang, Korsel, sendiri akan dibuka pada 9 Februari mendatang.

Foto satelit menunjukkan tentara Korut dan kendaraan lapis baja rupanya berlatih untuk sebuah parade yang dapat dilihat sebagai pertunjukkan kekuatan militer.

Kritikus telah menuduh Pyongyang melakukan penjadwalan ulang parade untuk menghancurkan atmosfer di Olimpiade Musim Dingin.

Rodong Sinmun membantah tuduhan tersebut sebagai tuduhan “jahat”, mencatat bahwa tentara reguler Korut dibentuk pada 8 Februari tujuh dekade yang lalu.

“Ini sama saja kita berdebat bahwa kita telah mengetahui sejak 70 tahun lalu Olimpiade akan berlangsung di Korea Selatan pada tanggal 9 Februari 2018,” cetus surat kabar itu.

Komentar Menteri Unifikasi Korsel Cho Myoung-gyon baru-baru ini bahwa parade tersebut sangat mungkin menjadi ancaman juga memicu peringatan dari koran tersebut.

Kritik semacam itu, Rodong Sinmun mengatakan, akan membuat pembukaan Olimpiade Musim Dingin tidak enak.

Korut berpartisipasi dalam Olimpiade setelah pemimpinnya Kim Jong-un dengan tiba-tiba mengumumkan kesediaannya untuk hadir dalam pidato Tahun Baru. Langkah tersebut dipandang sebagai upaya untuk mengurangi ketegangan yang membakar Semenanjung Korea terkait program nuklir dan rudal Pyongyang.

Korut pada hari Senin membatalkan sebuah pertunjukan bersama budaya dengan Korsel menjelang Olimpiade Musim Dingin yang akan datang untuk memprotes kritik terhadap parade militer oleh media Seoul. [***]

Source; Sindonews

(Visited 27 times, 1 visits today)

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*