Gubernur Sulteng, Longki Djanggola menandatangai prasasti peresmian pgedung baru Disperindag Sulteng, Jalan Kartini, Kota Palu, Selasa (9/1/2018). [Bob Shinoda]

Disperindag Penggerak Ekonomi Daerah

Palu, Jurnalsulawesi.com – Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulawesi Tengah, Mohammad Arief Latjuba menyampaikan bahwa sesuai dengan ketentuan Undang-undang nomor 23 tahun 2013tentang pemerintah daerah bahwa fungsi Disperindag sangat besar, sehingga dengan adanya penataan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang sebelumnya Dinas Perindustrian Perdangangan dan Koperasi kemudain di bentuk menjadi dua OPD. Kedua OPD itu adalah Disperindag dan Dinas Koperasi dan UKM.

Kadis Arief Latjuba menuturkan, fungsi Disperindag adalah untuk membantu pemda pada bidang ekonomi, khususnya di bidang perdagangan, usaha kecil dan menengah (UKM) guna mewujudkan visi Perintah Sulteng yang maju, mandiri, dan berdaya saing.

“Dengan tingginya fungsi dan volume kerja Dinas Perindustria dan Perdagangan maka pembangunan kantor yang baru ini sangat dibutuhkan untuk dapat menumbuhkan gairah kerja,” kata Arief pada peresmian gedung baru Disperindag Sulteng oleh Gubernur Sulteng, Longki Djanggola pada Selasa (9/1/2018)..

Selain ujar Kadis Arief, pembangunan gedung itu untuk meningkatkan layanan yang baik kepada masyarakat sabagai dampak dari ruang kerja yang sangat representative. Untuk itu, Ia mengucapkan terimakasi kepada Gubernur Sulteng, Longki Djanggola dan Sekretaris Daerah Provinsi yang telah memberikan anggaran pembangunan kantor baru Disperindag.

Ia juga menambahkan bahwa tren terhadap harga bahan pokok di Sulteng pada perayaan Natal dan Tahun baru cendrung stabil.

“Demikian juga ketersediaan kebutuhan bahan pokok dapat terjamin hal ini semua atas dukungan semua pihak tim terpadu yang dibentuk pak gubernur,” tutur Akdis Arief.

Ia mengatakan, perdanganan luar negeri nilai ekpor hasil produksi Sulteng dapat mencapai target dengan nilai 50 juta dollar AS.

Sementara, Gubernur Longki berharap dengan keberadaan kantor baru itu adalah buah kinerja semua pihak di pemda serta merupakan anugrah yang harus syukuri. Pasalnya, dengan kantor baru ini diyakini akan memberikan semangat kerja yang lebih dari yang biasanya, khususnya dalam tugas tugas di bidang Perindag sehingga mampu berkreasi dan berinovasi yang akhirnya dapat mewujudkan visi Diperindag.

“Terwujudnya industri dan perdagangan yang berdaya saing berbasis ekonomi kerakyatan sebagai penggerak ekonomi daerah dalam peningkatan kesejahtraan masyarakat,” tutur Gubernur Longki. [***]

Rep; Bob Shinoda

(Visited 51 times, 1 visits today)
Bagikan Tulisan ini :

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*