Ditunjuk Jadi Calon Kapolri, Tito Langsung Temui Budi Gunawan

Tito Karnavian mengaku langsung menemui sejumlah seniornya di Polri setelah ditunjuk jadi calon Kapolri.

Jakarta, Jurnalsulteng.com – Komisaris Jenderal Tito Karnavian mengaku langsung bertemu dengan sejumlah seniornya di Kepolisian setelah ditunjuk sebagai calon tunggal Kepala Polri oleh Presiden Joko Widodo. Sempat tak menyebut nama, Tito mengatakan bahwa Komisaris Jenderal Budi Gunawan yang salah satu ditemuinya.

“Setelah penunjukan langsung saya temui beberapa senior. Saya tidak usah sebutkan siapa saja,” kata Tito di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (16/6/2016).

Sempat menolak menyebut nama, Tito akhirnya membenarkan ketika ditanya apakah salah satu senior yang ditemuinya adalah Budi Gunawan. “Ya, salah satunya.”

Budi adalah calon tunggal Kapolri tahun lalu. Langkah jenderal yang kini menjadi Wakapolri itu terganjal setelah Komisi Pemberantasan Korupsi menetapkannya sebagai tersangka. Belakangan, status tersangka Budi digugurkan lewat sidang praperadilan dan dia dipilih menjadi orang nomor dua di Korps Bhayangkara

Menurut Tito, para senior yang dia temui mendukung langkahnya menjadi orang nomor satu di Kepolisian.

“Asalkan memang niatnya reformasi dan memperbaiki institusi Polri,” ujarnya.

Reformasi birokrasi Polri ini juga yang akan jadi prioritasnya jika kelak resmi dipilih sebagai Kapolri. “Reformasi internal, birokrasi, pelayanan masyarakat yang lebih baik serta menekan korupsi dan pelanggaran anggota,” ujarnya.

Hal itu akan dicapai dengan membuat sistem dan mekanisme yang baik, mulai dari perekrutan hingga pembinaan karir anggota. “Kalau ini berjalan maka output-nya akan baik. Mulai dari layanan publik, profesionalisme penegakan hukum, dan situasi kamtibmas yang lebih baik,” kata Tito.

Budi Gunawan merupakan salah satu perwira tinggi Polri yang sempat disebut sebagai calon kuat Kapolri. Sosok sebagai jenderal senior punya banyak pengalaman menjadi alasan bahwa Budi digadang-gadang bakal dicalonkan lagi oleh Jokowi.

Apalagi Budi sudah lolos uji kepatutan dan kelayakan saat pencalonan terdahulu. Budi juga disebut punya kedekatan dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, partai utama pengusung Joko Widodo.(***)


Source; CNNIndonesia

(Visited 7 times, 1 visits today)
Bagikan Tulisan ini :

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*