‘Donggala Kanamavali’ Wujud Nyata Mencerdaskan Bangsa

Bagikan Tulisan ini :
Program Donggala Kanamavali juga meliputi pendidikan anak usia dini (PAUD) dan memotivasi belajar untuk anak-anak putus sekolah. (Istimewa)

Jurnalsulteng.com – Keberhasilan program pendidikan tidak bisa terwujud tanpa kerja keras, ketelatenan dan kemampuan tenaga pendidiknya sebagai tenaga pengajar dan tidak luput dari keteladanan seorang leader (pemimpin) dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

Demikian halnya dengan Program Donggala Kanamavali (PDK) yang menjadi Program unggulan Dinas Pendidikan Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah. Program Donggala Kanamavali (Cerdas) yang menjadi wujud nyata untuk mencerdaskan bangsa.  Hal ini dibuktikan dengan mendapatkan Anugerah Keaksaraan Pratama Tingkat  Nasional pada Hari Aksara Internasional (HAI) di Karawang Jawa Barat pada Tahun 2015 lalu.

Berkat program Donggala Kanamavali, saat ini Kabupaten Donggala menempati urutan ke 2 dalam pengentasan buta aksara, yang sebelumnya berada di urutan 13 se-Sulawesi Tengah.
(Baca Juga: Kisah Sukses Pemberantasan Buta Aksara di Donggala )

Pengentasan buta aksara ini dilakukan Pemerintah Kabupaten Donggala melalui program GERTAKSARA yang menjadi bagian dari Program Donggala Kanamavali yang ditetapkan melalui Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 70 Tahun 2015.

“Untuk keberhasilan sebuah program harus dilakukan dengan perencanaan yang matang, kerja keras, telaten dan kerjasama dengan semua pihak (Stakeholder). Tanpa semua itu, mustahil program ini bisa berhasil,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Donggala, Rustam Effendi, S.Pd,SH,M.AP.

Keberhasilan ini juga tak lepas dari sumber daya yang digunakan untuk mendukung pelaksanaan program Donggala Kanamavali yang meliputi Sumber Daya Manusia (SDM)  pejabat struktural dari tingkat kabupaten sampai tingkat desa, kepala sekolah, guru, dan pengelola PKBM yang memiliki kesamaan pandangan dan motivasi tinggi.

Diskusi dan saling berbagi informasi antar para pengajar dan pengelola PKBM mejadi bagian penting suksesnya Program Donggala Kanamavali. (Istimewa)

Sebagaimana diketahui, Program Donggala Kanamavali  adalah pengelolaan pendidikan yang dimaksudkan agar masyarakat Donggala beriman, bertaqwa, dan memiliki daya saing serta memiliki keunggulan dalam ilmu pengetahuan dan teknologi. Donggala Kanamavali diidentikkan dengan Donggala cerdas atau Donggala hebat
(Baca Juga: Mencerdaskan Desa untuk Indonesia )

Pelaksanaan Program Donggala Kanamavali  juga bersifat implementatif, terukur, melibatkan semua kelompok kepentingan (Stake Holder) dan memberdayakan potensi daerah yang berbasis kebutuhan.

 “Jika seluruh desa  bisa meraih predikat cerdas sesuai potensi dan kebutuhannya, maka impian untuk menjadikan Indonesia cerdas benar-benar bisa terwujud dan bukan sekadar wacana,” tutup Rustam. (Advertorial)

(Visited 2 times, 1 visits today)

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*