Wakil Ketua DPRD Donggala Abd Rasyid

DPRD Donggala Berwenang Berhentikan Bupati/Wakil Bupati

Donggala, Jurnalsulawesi.com – Pemerintah pusat melalui Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly telah menandatangani Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 tahun 2018. PP nomor 12 ini mengatur tentang penyusunan Tata tertib (Tatib) dewan propinsi/kabupaten/kota.

Hal tersebut dikemukakan Wakil Ketua DPRD Donggala Abd Rasyid, di ruang kerjanya, Jumat (6/7/2018). Menurutnya, salah satu poin dalam PP itu DPRD berwenang mengangkat dan memberhentikan Gubernur/Wakil Gubernur, Bupati/Wakil Bupati, Walikota/Wakil Walikota kepada Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur untuk mendapatkan pengesahan pengangkatan dan pemberhentian.

Abd Rasyid mengatakan, pihaknya sudah menerima salinan keputusan pemerintah terkait PP nomor 12 tersebut dan DPRD Kabupaten Donggala merespon positif atas terbitnya PP ini.

Kata dia lagi ada beberapa poin di PP 12 tahun 2018 yang sangat urgen diantaranya DPRD bisa melakukan pemberhentian jika ditengah perjalanan pemerintahan tejadi gejolak yang sudah tidak bisa ditolerir lagi.

“Pasal 25 ayat (1 dan 2) PP 12 tahun 2018 mekanismenya pimpinan DPRD memberikan usulan pemberhentian kepala daerah kepada Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur sebagai wakil pemerintah pusat,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Selain itu, jika terjadi kekosongan Kepala Daerah selama sisa waktu 18 bulan DPRD berhak melakukan pengusulan dan pengangkatan Kepala Daerah sesuai pasal 24 ayat (1 dan 2).

Selain pengangkatan dan pemberhentian Kepala Daerah, dalam PP 12 tahun 2018 ini DPRD juga memilki kewenangan dalam pembentukan Perda. Pembentukan Perda atas kesepakatan antara DPRD dan Kepala Daerah selama satu tahun berdasarkan skala perioritas

“Jika sudah diberi wewenang lebih kinerja DPRD harus lebih maksimal lagi dalam menjalankan fungsinya untuk kemajuan daerah,” tutupnya. [***]

Penulis; Jose Rizal

(Visited 18 times, 1 visits today)
Bagikan Tulisan ini :

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*