Eksekusi lahan Tanjung, Kelurahan Karataon, Kota Luwuk yang berlangsung Senin (19/3/2017) berakhir ricuh. [Ist]

Eksekusi Lahan Tanjung, Amalya Murad Desak Pendekatan Damai

Luwuk, Jurnalsulawesi.com – Politisi Partai Gerindra Sulawesi Tengah, Amalya Murad mendesak agar semua pihak, terutama aparat Polri hendaknya bisa menempuh cara-cara damai dan lebih manusiawi, dalam penyelesaian masalah terkait pelaksanaan eksekusi lahan Tanjung, Kelurahan Karataon, Kota Luwuk.

“Terlepas dari semua perkara hukum yang membaluti masalah lahan dan warga di kawasan Tanjung, saya tentu sangat prihatin jika masih dilakukan pendekatan yang represif terhadap warga yang terjadi hari ini di Luwuk. Apalagi ada warga dan aparat yang harus menjadi korban luka-luka,” kata Amalya Murad menyikapi proses eksekusi lahan Tanjung yang berlangsung Senin (19/3/2017).

Putri bungsu Haji Murad Husaian, pengusaha sawit asal Banggai ini meyakini bahwa warga Kabupaten Banggai yang multietnis, terutama warga Kota Luwuk, sangat menjunjung tinggi budaya damai dan bermusyawarah dalam menyelesaikan masalah-masalah sosial yang dihadapi.

Karenanya, ia pun sangat meyakini bahwa masih ada peluang untuk menyelesaikan permasalahan warga di Tanjung dengan cara lebih damai tanpa kekerasan.

“Mungkin kita semua belum maksimal mencari win-win solusi dalam penyelesaian masalah ini. Ayo semua pihak kembali duduk satu meja untuk menekukan solusi terbaik tanpa harus ada yang menjadi korban kekerasan,” kata Amalya Murad menyarankan.

Seperti diberitakan sebelumnya, eksekusi tanah dan rumah di Tanjungsari, Kelurahan Karaton, Luwuk Banggai, Senin (19/3/2018) berakhir ricuh. Kericuhan terjadi karena warga yang menempati lahan pemukiman melakukan perlawanan sengit ketika Pengadilan Negeri Luwuk mengerahkan petugas untuk mengosongkan rumah mereka.

Puluhan para ibu rumah tangga yang semula duduk berjejer rapi menghadang gerak aparat dengan cara melakukan doa bersama, serta melantunkan salawat di salah satu titik Jalan Yos Sudarso. Namun tiba tiba terlibat saling lempar dengan petugas. [OTR]

(Visited 268 times, 2 visits today)
Bagikan Tulisan ini :

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*