Penumpang KM Lestari Maju yang tenggelam di perairan Selayar, Sulsel menyelamatkan diri menggunakan pelampung. [Ist/FB]

Empat Orang Meninggal, KM Lestari Maju Angkut Duit BPD Rp30 Miliar

Makassar, Jurnalsulawesi.com – KM Lestari Maju, yang tenggelam di perairan Selayar, Sulsel, juga mengangkut uang Rp30 miliar. Uang itu merupakan pembayaran ASN dan dana BOS.

“Dana itu belum dapat kami amankan dari kapal, jumlahnya Rp30 miliar. Saat ini kami terus meng-update data dari lapangan karena sinyal di sana putus-putus,” ujar Direktur Treasury Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sulsel Irmayanti Sultan saat dihubungi, Selasa (3/7/2018).

Yanti menyebut uang Rp30 miliar itu dibawa 5 pegawai BPD Sulsel. Empat pegawai selamat, tapi 1 pegawai masih berada di kapal.

“Satu pegawai kami, driver, masih menggantung di bibir kapal,” sebutnya.

Dia memastikan pembayaran ASN tetap berjalan karena dana yang diangkut KM Lestari Maju sudah diasuransikan.

Kapal yang tenggelam di Selayar sekira pukul 14.30 Wita itu mengangkut 139 orang. Kapal juga membawa 48 kendaraan, yang terdiri dari 18 motor, 14 mobil, kendaraan golongan V sebanyak 8 unit, dan kendaraan golongan VI sebanyak 8 unit.

Kapal kemudian dikandaskan di perairan Selayar sekitar 300 meter dari Pantai Pa’badilang. Sebagian penumpang sudah bisa dievakuasi, sedangkan sebagian lagi masih berada di atas kapal.
BACA JUGA: Kapal Lestari Maju Kandas di Selayar Sulsel

Empat Meninggal
Empat orang dilaporkan meninggal karena kecelakaan KM Lestari Maju di perairan Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, Selasa (3/7/2018) siang. Data tersebut merupakan data sementara yang dihimpun Polda Sulawesi Selatan atas peristiwa yang terjadi sekira pukul 14.30 WITA tersebut.

“Baru informasi awal ada empat orang meninggal dunia termasuk salah satu bayi,” kata Kabid Humas Polda Sulawesi Selatan Kombes Dicky Sondani dalam keterangannya.

Dicky mengatakan kapal tenggelam karena mengalami kerusakan di bagian lambung kapal.

“Saat itu kapal oleng jadi banyak yang terjun juga. Sekarang sedang evakuasi korban akan dicek berapa korban selamat dan berapa meninggal dunia,” kata Dicky.

Kata Dicky saat ini kapal sedang berusaha dikandaskan menuju pulau yang dekat dengan lokasi kecelakaan.

“Dikandaskan di salah satu pulau jadi enggak tenggelam di laut tapi dikandaskan saja. Enggak akan seperti KM Sinar Bangun tenggelam sampai dasar. Ini hanya dikandaskan saja,” katanya.

Dicky mengatakan saat ini petugas masih fokus mengevakuasi para korban.

Kapal Motor Lestari Maju karam saat tengah berlayar dari Pelabuhan Bira, Kabupaten Bulukumba menuju Pelabuhan Pamatata, Kabupaten Selayar.

Kapolres Selayar AKBP Syamsul Ridwan membenarkan kejadian tersebut. Syamsul mengatakan, dari informasi salah satu penumpang kapal tersebut tenggelam saat berlayar dari Pelabuhan Bira.

Sementara itu Kepala Pusat Informasi Data dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menyebut, saat ini pihaknya tim SAR sudah menuju lokasi kejadian.

“Kami masih berkoordinasi dengan teman-teman di lapangan. Saat ini masih tim masih berusaha menuju lokasi kejadian,” ujar Sutopo. [***]

 

Sumber; Detik.com/CNNIndonesia

(Visited 95 times, 1 visits today)

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*