Salah satu aksi Marc Marquez (kiri) saat membayangi pebalap Danilo Petrucci (kanan) pada balapan MotoGP San Mariono di Sikuit Marco Simoncelli, Misano Adriatico, Italia (10/9/2017). [AP]

Fakta Menarik Marquez Menangi MotoGP San Marino

Bagikan Tulisan ini :

Misano, Jurnalsulawesi.com – Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, kembali ke puncak klasemen sementara MotoGP 2017 setelah memenangi balapan San Marino di Sirkuit Misano, Minggu (10/9/2017). Kemenangan Marquez membuat perburuan gelar musim ini semakin ketat.

Marquez menjadi yang tercepat di MotoGP San Marino setelah melahap 23 lap dengan catatan waktu 50 menit 41,565 detik. Pebalap berjuluk The Baby Alien itu lebih cepat 1,192 detik atas Danilo Petrucci yang finis di urutan kedua.

Posisi ketiga ditempati Andrea Dovizioso yang finis dengan catatan waktu lebih lambat 11,706 detik. Raihan podium ketiga membuat Dovizioso gagal mencetak sejarah sebagai pebalap Italia kedua yang mampu menaklukkan Sirkuit Misano setelah Valentino Rossi.

Hasil di MotoGP San Marino membuat peta persaingan gelar juara masih terbuka. Dalam sisa lima seri tersisa diprediksi masih menghadirkan berbagai kejutan.

Kemenangan di MotoGP San Marino membuat Marc Marquez mengkudeta posisi Andrea Dovizioso di puncak klasemen. Marquez kini mengoleksi 199 poin, jumlah yang sama dengan Dovizioso yang turun ke posisi ketiga. Adapun posisi ketiga masih dihuni Maverick Vinales yang finis di urutan keempat di Sirkuit Misano yang kini mengoleksi 183 poin.

Fakta-fakta Menarik
Berikut fakta menarik yang terjadi setelah Marc Marquez menjuarai MotoGP San Marino 2017:

  1. Kemenangan di MotoGP San Marino 2017 menjadi yang keempat diraih Marc Marquez pada musim ini setelah seri Amerika Serikat, Jerman, dan Republik Ceska.

  2. Kemenangan di MotoGP San Marino membuat Marc Marquez menjadi pebalap tersukses di Sirkuit Misano dengan perincian dua kali juara MotoGP 2015 dan 2017, dua kali di kelas Moto2 pada 2011 dan 2012, serta sekali di kelas 125cc pada 2010.

  3. Raihan podium kedua milik pebalap Pramac Ducati, Danilo Petruci, menjadi yang pertama diraih di MotoGP San Marino.

  4. Podium ketiga yang diraih Andrea Dovizioso menjadi yang pertama untuk Andrea Dovizioso sejak pertama kali balapan di Sirkuit Misano pada 2007.

  5. Ducati kembali naik podium dalam 10 tahun terakhir di MotoGP Misano setelah Casey Stoner menjadi juara pada 2007

Marc Marquez bersaing ketat dengan Andrea Dovizioso, Danilo Petrucci pada balapan MotoGP San Mariono di Sikuit Marco Simoncelli, Misano Adriatico, Italia (10/9/2017). [AP]

Jalannya Balapan
Kondisi sirkuit yang basah membuat para pebalap memulai balapan dengan berhati-hati. Vinales bahkan langsung melorot ke posisi ketiga karena tergusur Lorenzo yang menyodok ke urutan terdepan di tikungan pertama.

Lorenzo bahkan mengambil jarak 1,3 detik dari Marquez yang berada di posisi kedua ketika balapan memasuki lap keempat. Perubahan posisi juga terjadi di urutan ketiga di mana Danilo Petrucci mengudeta Dovizioso.

Bahkan Petrucci berhasil mengambil alih posisi kedua dari Marquez pada lap keenam. Nasib sial menimpa Jorge Lorenzo yang tengah memimpin balapan, X-Fuera tergelincir ketika berusaha melahap tikungan keenam pada lap ketujuh.

Tak hanya Lorenzo, pebalap LCR Honda, Cal Crutchlow, juga mengalami nasib serupa dan terpaksa menyelesaikan balapan lebih cepat. Memasuki lap ke-10 beberapa tim seperti Honda dan Yamaha sibuk mempersiapkan motor pengganti di pit.

Hanya Ducati yang tak mempersiapkan motor dengan setelan kering dan bakal membiarkan Dovizioso tetap memakai ban basah. Kondisi Sirkuit Misano yang basah kembali memakan korban, kali ini Hector Barbera dan Loriz Baz terjatuh dan tak bisa menyelesaikan balapan.

Memasuki lap ke-10, Petrucci masih memimpin balapan dibuntuti Marquez dan Dovizoso pada urutan kedua dan ketiga. Sementara pebalap Suzuki Ecstar, Andrea Iannone, memutuskan tak melanjutkan balapan dan kembali ke pit.

Marc Marquez mulai memberi tekanan kepada Petrucci pada empat lap terakhir. Pebalap asal Spanyol tersebut memangkas selisih jarak dengan hanya menjadi 0,8 detik dengan Petrucci pada tikungan keenam.

Petaka bagi Petrucci terjadi di lap terakhir. Marc Marquez berhasil mengambil alih posisi terdepan dengan mengambil sisi dalam pada tikungan pertama dan keluar sebagai juara balapan MotoGP San Marino.[BC]

(Visited 2 times, 1 visits today)

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*