Google Akan Sediakan Wifi Gratis di 400 Titik di Indonesia

Bagikan Tulisan ini :

Jurnalsulawesi.com – Layanan WiFi gratis bernama Google Station mulai bergulir di Indonesia. Baru diperkenalkan pada Agustus lalu, layanan tersebut bakal segera hadir di sekitar 400 lokasi di Indonesia.

“Sekarang sudah ada di Cirendeu, di taman kuliner,” ujar Jason Tedjakusuma, Corporate Communications Manager Google Indonesia, di Jakarta, Kamis (26/10/2017).

Jason mengatakan Google Station masih berada di masa persiapan. Meski tak menyebut waktu spesifik, ia memastikan layanan WiFi gratis ini akan muncul di tahun ini.

Google Station ditujukan untuk menjembatani masyarakat yang tak bisa menikmati koneksi internet yang baik. Google meyakini layanan mereka ini bisa memberikan koneksi internet yang stabil dan cepat, setidaknya tak akan ada buffering ketika sedang mengakses konten video.

Dalam proyek ini Google berperan menyediakan piranti lunaknya. Sementara FiberStar dan CBN yang mereka gandeng di proyek ini yang bertugas menyiapkan fiber optik yang diperlukan di lokasi-lokasi Google Station nanti.

Menurut Jason yang dilansir CNNIndinesia.com, Google Station itu memang tak akan punya wujud fisik menonjol. Hanya akan terlihat penanda yang menunjukkan bahwa WiFi gratis Google itu tersedia.

Jason melanjutkan Google Station tak akan bisa ditemukan di Jakarta karena secara teknis kondisi internet di ibu kota sudah cukup mapan. Namun ia berkata Station bakal merambah daerah rural maupun urban di seluruh wilayah Jawa dan Bali. “Yang penting di area yang koneksinya enggak bagus,” imbuhnya.

Proyek Google Station ini sebelumnya sudah bergulir di India. Di sana, Google menggandeng perusahaan lokal yakni RailTel dan Indian Railways untuk memasang koneksi WiFi di sekitar 200 stasiun kereta. Lewat proyek ini Google mengklaim sudah memperkenalkan internet ke 15.000 penduduk India untuk pertama kalinya.

Dengan kondisi yang dinilai mirip, Google berambisi melakukannya di Indonesia.

Sejatinya, tujuan Google Station ini mirip dengan Project Loon dari Alphabet yang menginduksi Google. Pernah diproyeksikan akan terbang di langit Indonesia untuk menyebarkan akses internet ke 100 juta penduduk, proyek ini harus tertahan karena tak mendapat izin Kementerian Pertahanan. [CNN]

(Visited 1 times, 1 visits today)

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*