Gorontalo Gelar Festival Pesona Otanaha

Gorontalo, Jurnalsulawesi.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo, Provinsi Gorontalo, menggelar Festival Pesona Otanaha 2017 dengan menampilkan berbagai kegiatan dan lomba, guna menarik minat wisatawan sebanyak mungkin.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Gorontalo, Irwan Hamzah, Sabtu (6/5/2017), mengatakan festival tersebut diambil dari objek wisata cagar budaya Benteng Otanaha di Kelurahan Dembe 1.

“Kegiatan itu merupakan iven tahunan yang telah dilaksanakan sejak tahun 2015, dan pada tahun ini digelar mulai tanggal 6 hingga 10 Mei,” katanya.

Ia menjelaskan, festival tersebut menampilkan berbagai pertunjukan seni budaya daerah, olahraga dan kuliner Gorontalo.

“Festival ini bertujuan untuk mempromosikan potensi pariwisata Gorontalo, secara lokal, regional dan internasional untuk meningkatkan tingkat kunjungan wisatawan serta pendapatan masyarakat di Provinsi Gorontalo,” ia menjelaskan.

Selain itu, melalui festival itu, Pemkot Gorontalo ingin memperkenalkan kerajinan rakyat, meningkatkan pendapatan daerah dan kerja sama sektor pariwisata dengan daerah lain. “Kami juga memperkenalkan ragam budaya dan seni serta kearifan lokal,” ia mengungkapkan.

Berbagai kegiatan yang dilaksanakan pada festival tersebut, antara lain, lomba lari 10 km, karnaval budaya nusantara, lomba kesenian daerah nusantara, tarian tradisional dan tarian kreasi daerah.

Selain itu digelar juga lomba lagu pop, lomba kuliner daerah dan ekonomi kreatif, pemilihan Putra-Putri Otanaha, dialog Benteng Otanaha dan lomba fotografi. [***]

 

Source; Republika

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*