Gubernur Sulteng, Longki Djanggola memberikan sambutan pada peringatan HKN ke 53 di Anjungan, Pantai Talise, Kota Palu, Minggu (12/11/2017) pagi. [Bob Shinoda]

Gubernur: Sosialisasi Tenaga Kesehatan Belum Maksimal

Bagikan Tulisan ini :

Palu, Jurnalsulawesi.com – Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola menyebutkan, permasalahan penggunaan obat illegal karena kurangnya pengetahuan dan sosialisai di masyarakat. Menurut gubernur, beberapa obat-obatan illegal yang dikonsumsi sebagian masyarakat, seperti Paracetamol, Caffein, Carisoprodol (PCC), sempat menjadi perbincangan karena sangat membahayakan.

Berdasarkan keputusan pemerintah, PCC sendiri saat ini telah ditarik dari peredaran di pasaran. Namun demikian masih saja ada masyarakat yang masih mengonsumsi obat illegal, menurutnya ini terjadi salah faktornya, karena kurangnya sosialisasi tenaga kesehatan kepada masyarakat.

“Tenaga kesehatan masih kurang dalam memberikan informasi yang maksimal. Karena itu saya semua pihak yang terkait agar melibatkan diri dalam mengawasi keberadaan obat-obatan secara cermat,” tandas Gubernur Longki dalam sambutannya pada puncak peringatan HKN ke- 53 di Anjungan, Pantai Talise, Kota Palu, Minggu (12/11/2017).

Gubernur Longki menyebutkan, keterlibatan semua pihak untuk mencegah beredarnya obat-obatan illegal itu di Sulteng, agar masyarakat selamat dari mengonsumsi obat-obatan palsu dan illegal.

Dari kondisi itu kata Dia, maka dicanangkan gerakan masyarakat cerdas menggunakan obat (Gema Cerdas) dengan tujuan, pertama untuk meningkatkan pemahaman dan pentingnya penggunaan obat secara benar. Kedua, meningkatkan kemandirian dan perubahan perilaku dalam mendapatkan, menggunakan, menyimpan, dan membuang obat secara teratur.

Ketiga, meningkatkan penggunaan obat secara rasional, tepat diagnosis sesuai dengan indikasi penyakit dan tepat pemilihan obat.

Olehnya kata Gubernur Longki, melalui kegiatan kampanye kesehatan ini, diharapkan dapat meningkatkan kepedulian, kesadaran, dan pemahaman masyarakat dalam mengonsimsi obat-obatan secara benar dan tepat. Peran serta tenaga kesehatan dalam menyosialisasikan sangat penting bagi masyarakat agar supaya masyarakat menyadari tentang pentingnya menjaga pola hidup sehat.[***]

 

Rep; Bob Shinoda

(Visited 26 times, 1 visits today)

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*