Gubernur Sulteng Longki Djanggola (tengah). [Humas]

Gubernur Sulteng Minta TPID Kendalikan Inflasi

Bagikan Tulisan ini :

Palu, Jurnalsulawesi.com – Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Longki Djanggola meminta seluruh jajaran Dinas Perindustrian dan Perdagangan bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID), segera menyiapkan strategi dalam mengendalikan laju inflasi daerah tahun 2018.

“Yang perlu dijaga adalah ketersediaan barang, khususnya kelompok bahan makanan, kelancaran distribusi barang kebutuhan pokok serta menjaga stabilitas harga,” kata gubernur pada peresmian Kantor Disperindag Sulteng, Selasa (9/1/2018).

Gubernur menjelaskan tren pembangunan Sulteng dalam beberapa tahun terakhir, berada diatas rata-rata pertumbuhan nasional. Sehingga itu menjadi tanda, betapa bergeliatnya pembangunan di Sulteng.

Ia mengatakan pertumbuhan ekonomi di Sulteng masih tergantung pada sektor pertambangan, karena komoditi tambang dan mineral sangat diminati pasar internasional.

“Meskipun harganya tinggi, akan tetapi kalau terus dieksploitasi tanpa kontrol, akan cepat habis,” katanya.

Menurut gubernur, untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, salah satu alternatifnya yakni dari sektor pertanian, peternakan, perikanan dan kelautan, karena mayoritas penduduk Sulteng bekerja di sektor tersebut.

Gubernur menyatakan sektor-sektor tersebut, akan menjadi perhatian dan pekerjaan rumah penting, sebagai upaya mengkonversi dan menggerakkan pertumbuhan ekonomi, ke arah yang inklusif, yang merata dan dapat dirasakan kepada semua lapisan masyarakat.

Gubernur juga berharap Disperindag Sulteng agar mampu berkreasi dan berinovasi, yang pada akhirnya dapat mewujudkan visi Disperindag yakni terwujudnya industri dan perdagangan yang berdaya saing, berbasis ekonomi kerakyatan, sebagai penggerak ekonomi daerah dalam peningkatan kesejahtraan masyarakat.

Kemudian, kata gubernur, di era otonomi daerah sekarang ini, diharapkan daerah mempunyai produk unggulan yang dapat bersaing di tingkat nasional dan internasional. Karena harapan itu, sangat relevan dengan Nawacita pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla, yang mengamanatkan peningkatan produktivitas rakyat dan daya saing di pasar internasional, serta dapat mewujudkan kemandirian ekonomi, dengan menggerakkan sektor strategis ekonomi domestik.

Akhirnya dengan diresmikannya kantor tersebut, gubernur menyatakan semua harapannya dapat diwujudkan dengan kerja keras dan komitmen bersama, karena itu merupakan anugrah yang harus disyukuri. [***]

Source; Antarasulteng

(Visited 57 times, 1 visits today)

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*