Gubernur Tunda Serahkan Nama Cawagub ke DPRD Sulteng

Palu, Jurnalsulawesi.com – Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Drs Longki Djanggola, MSi melaui surat Nomor 122.72/256/RO.OTDA tanggal 2 Mei 2017 telah meminta pengunduran waktu penyampaian nama bakal Calon Wakil Gubernur (Cawagub) kepada DPRD Sulteng.

“Dalam surat itu, Pemerintah Provinsi Sulteng atas nama gubernur meminta waktu sampai tanggal 17 Mei 2017,” kata Ketua Panitia Pemilihan (Panlih) Wagub di DPRD Sulteng Zainuddin Tambuala dalam rapat yang digelar di DPRD Sulteng, Rabu (10/5/2017).

Menurut Zainuddin, sedianya rapat hari ini adalah menerima usulan rekomendasi dua nama calon yang diajukan oleh gubernur, tetapi yang ada hanya surat permohonan pengunduran waktu.

Dalam surat itu, kata Zainuddin, yang menjadi alasan pengunduran waktu adalah karena gubernur masih menunggu rekomendasi dari partai politik pengusung yakni DPP Partai Amanat Nasional (PAN) untuk calon dari PAN.

Dengan pengunduran waktu itu, koalisi partai pengusung masih mempunyai ruang untuk memikirkan kembali dan mengusulkan dua nama ke Panlih melalui pimpinan DPRD.

“Jadi mekanismenya, surat rekomendasi itu dari gubernur masuk ke pimpinan DPRD, kemudian pimpinan DPRD memerintahkan Panlih untuk melaksanakan agenda selanjutnya,” ujarnya.

Dari 13 orang anggota Panlih, hadir dalam rapat itu Ketua DPRD Sulteng, Aminuddin Ponulele, Zainuddin Tambuala, Zainal Abidin Ishak, Bram Toripalu, Hasan Patongai, Erwin Burase dan Sri Indriani Lalusu.

Sementara itu, anggota Panlih, Erwin Burase menyatakan setelah permohonan pengunduran waktu, maka pihaknya tetap akan menunggu dua usulan nama yang masuk, baru melanjutkan ke pembahasan jadwal dan agenda selanjutnnya.

“Setelah dua nama masuk, baru kita proses, kalau lebih dari itu, kita kembalikan dulu,” tegas Erwin.

Sebelumnya Gubernur Longki menegaskan bahwa penetapan Mohammad Hidayat Lamakarate dan Zainal Daud pada Selasa, 14 Februari 2017 lalu, sebagai Calon Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, sudah sesuai mekanisme musyawarah dan mufakat. Tak ada pemaksaan kehendak kepada salah satu partai politik pengusung. Hanya saja salah satu partai pengusung dalam hal ini PAN, belum memberikan surat rekomendasi dari DPP PAN.

Setelah sekian lama, DPP Partai Amanat Nasional (PAN) akhirnya mengeluarkan rekomendasi nama bakal calon Wakil Gubernur (Wagub) Nomor: PAN/A/KU-SJ/034/III/2017 yang ditandatangani Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PAN, Eddy Soeparno, tanggal 31 Maret 2017.

Dua nama yang direkomendasikan DPP PAN adalah Hidayat Lamakarate dan Oscar Paudy. Rekomendasi DPP PAN itu telah diserahkan Pengurus DPW PAN Sulteng kepada Gubernur Longki Djanggola dan Ketua DPRD Sulteng, Senin (8/5/2017).

Dengan masuknya nama Oskar Paudi, maka otomatis jumlah nama bakal calon yang disetujui partai-partai pendukung yaksi Gerindra, PKB, PBB dan PAN sudah tiga orang yakni Hidayat, Zainal Daud dan Oskar. Sementara, dalam tata tertib (tatib) pemilihan yang sudah dirumuskan DPRD, Gubernur hanya bisa mengusulkan dua nama untuk dipilih oleh para anggota DPRD.

DPRD Sulteng akan memilih wakil gubernur baru menggantikan H.Sudarto yang meninggal dunia pada Oktober 2017.[***]

Source; Antarasulteng.com

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*