Bapaslon perseorangan Tema M-Rusli Zamzami Said bersama pendukungannya saat menyerahkan syarat dukungan di Kantor KPU Donggala. [Ist]

Impian Tema-Rusli Said Maju di Pilkada Donggala Selesai

Bagikan Tulisan ini :

Donggala, Jurnalsulawesi.com – Impian bakal pasangan calon (Bapaslon) perseorangan Tema M-Rusli Zamzami Said untuk maju di Pilkada Donggala telah usai.

Hal tersebut terjadi setelah KPU Donggala menyatakan pasangan ini tidak memenuhi syarat (TMS) untuk kali ke dua, karena tidak bisa memenuhi syarat dukungan, paska memenangkan gugatan di Panwaslu.

Keputusan tersebut ditetapkan melalui Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Jumlah Dukungan Perbaikan Akhir Bakal Pasangan Calon Perseorangan, Jumat (16/2/2018). KPU memutuskan Bapaslon ini tidak bisa mengikuti Pilkada, karena hanya mendapatkan 10.166.

Pleno ini dihadiri Komisioner KPU Donggala, anggota Panwaslu Kabupaten Donggala, LO (Laison Officer) bakal pasangan calon perseorangan dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK)

Keputusan KPU Donggala ini dituangkan melalui SK KPU Donggala Nomor: 53/HK.03.1-Kpt/02/KPU.KAB/II/2018 Tentang Penetapan Bakal Pasangan Calon Perseorangan, Tema M Dan M.Rusli Zamzami Said tidak memenuhi syarat jumlah minimal dukungan. Surat Penetapan Bakal Pasangan Tema M dan M. Rusli Zamzami Said  ini ditandatangani Ketua KPU Donggala.

“Jumlah dukungan dari masyarakat hanya sebanyak 10.166 pendukung yang tersebar di 15 kecamatan. Sementara syarat minimal dukungan yang harus dipenuhi adalah 19.608 pendukung. Dengan demikian sesuai jadwal tahapan penetapan, calon perseorangan dinyatakan tidak ada yang memenuhi syarat,” kata Ketua KPU, Moh Saleh.

Sebelumnya, Selasa 6/2/2018, Panwaslu Kabupaten Donggala mengabulkan gugatan pasangan Tema Muhammad-Rusli Zamzami Said melalui musyawarah penyelesaian sengketa pilkada.

Melalui putusan dengan nomor 01/PS/PB/KAB/26.05/5/2018 Panwaslu juga membatalkan surat keputusan KPU tentang penolakan dan pengembalian dokumen syarat dukungan bakal calon. Panwaslu memerintahkan kepada KPU untuk menerima dan memeriksa kembali berkas kelengkapan pemohon.

Setelah dilakukan verifikasi faktual, syarat dukungan perbaikan pasangan Tema M-Rusli Zamzami Said dinyatakan TMS.

Pilkada Donggala kali ini dipastikan hanya tiga paslon yang akan bertarung yakni, Kasman Lassa-Moh Yasin, Vera Elena Laruni-Taufik M Burhan, dan drg Anita Bugiswati Nurdin-Abd Rahman. [***]

Penulis; Jose Rizal
Editor; Sutrisno

(Visited 577 times, 1 visits today)

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*