University of Oxford, Inggris.

Ini Universitas Terbaik Dunia, China Akan Memuncaki di Masa Depan

London, Jurnalsulawesi.com – Pendidikan merupakan modal utama bagi kemajuan suatu negara. Cerminan ini tampak dari daftar 100 universitas terbaik dunia 2019 yang dilansir The World University Rankings, dimana 100 perguruan tinggi terbaik berada di negara-negara maju.

Kriteria terbaik tersebut berdasarkan lima metrik yaitu pengajaran, pendapatan dan hasil penelitian, volume penelitian, pendapatan dari perguruan tinggi, proporsi siswa internasional dan proporsi pengajar internasional.

Data yang dipublikasikan Kamis (27/9/2018), universitas terbaik di dunia didominasi oleh Amerika Serikat, Inggris, China dan Jepang. Dua perguruan tinggi asal Inggris yaitu Oxford dan Cambridge berada di peringkat pertama dan kedua.

Selanjutnya dari peringkat 3 hingga 8, didominasi oleh universitas asal Amerika Serikat seperti Stanford University, Massachusetts Institute of Technology (MIT), California Institute of Technology, Harvard University, Princeton University dan Yale University.

Yang menarik adalah China, dimana universitas asal Negeri Tirai Bambu itu menyodok masuk ke peringkat 22. Tsinghua University melompat 8 tingkat menggusur The National University of Singapore (NUS) yang harus rela turun ke peringkat 23. Ini merupakan pertama kalinya universitas asal China masuk ke 25 besar dan menjadi yang teratas mewakili Asia.

Sementara itu, Peking University berada di peringkat 31, University of Hong Kong di urutan 36 dan The University of Tokyo berada di peringkat 42. Ini merupakan penurunan tajam bagi universitas asal Jepang, sebab selama 2011-2015, mereka berada di 25 besar. Dan NUS sepanjang 2016-2018 nangkring di posisi 22.

Pencapaian Tsinghua di tingkat internasional juga menggungguli tetangganya, Peking University di kancah domestik. Selama setahun terakhir, Tsinghua membelanjakan pendapatannya untuk meningkatkan kualitas sistem pengajaran dan penelitiannya secara internasional. Hasil ini membantu mereka meningkatkan keunggulan Tsinghua di reputasi global.

Wakil Presiden Tsinghua University bidang internasional, Yang Bin mengatakan, pihaknya memang terus berupaya meningkatkan kualitasnya dengan pengadaan kurikulum internasional, pengajar internasional, serta meningkatkan penelitian dan publikasi hasil penelitian mahasiswanya.

Guru Besar Universitas Oxford Inggris yang juga Direktur Pusat Pendidikan Tinggi Global, Simon Marginson mengatakan tidak terkejut dengan kemajuan Tsinghua.

“Bukan hal sulit bagi China di masa mendatang untuk menjadikan universitas mereka nomor satu di dunia, dengan kemajuan penelitian di bidang matematika dan komputasi. China memiliki kemampuan di kedua bidang ini dan telah mendekati Amerika Serikat, bahkan telah melewati Eropa. Ditambah dengan kemampuan China di bidang ilmu fisika dan teknik, mereka akan naik cepat menjadi universitas puncak dunia di masa datang,” katanya.

Simon menambahkan, dengan pencapaian Tsinghua saat ini, dalam waktu lima tahun mendatang, akan semakin banyak perguruan tinggi asal China berada di peringkat atas. Dengan pendanaan dari pemeruntah dan perusahaan-perusahaan China di bawah Proyek Kelas Dunia, perguruan tinggi China terus meningkatkan penelitian secara berkelanjutan.

“Bahkan banyak peneliti ilmu fisika terbaik di dunia mau bekerja di Tsinghua, sama halnya dengan Massachusetts Institute of Technology, Berkeley atau Cambridge sebagai universitas yang bagus,” sambungnya.

Berikut 10 universitas terbaik dunia versi The World University Rankings:

1. University of Oxford (Inggris)
Jumlah siswa: 20.298 siswa
Perbandingan siswa dengan pengajar: 11.0
Siswa internasional: 40%
Rasio siswa pria dan wanita: 54:46

2. University of Cambridge (Inggris)
Jumlah siswa: 18.749 siswa
Perbandingan siswa dengan pengajar: 10.9
Siswa internasional: 37%
Rasio siswa pria dan wanita: 54:46

3. Stanford University (Amerika Serikat)
Jumlah siswa: 15.878 siswa
Perbandingan siswa dengan pengajar: 7.4
Siswa internasional: 23%
Rasio siswa pria dan wanita: 57:43

4. Massachusetts Institute of Technology (Amerika Serikat)
Jumlah siswa: 11.231 siswa
Perbandingan siswa dengan pengajar: 8.7
Siswa internasional: 34%
Rasio siswa pria dan wanita: 62:38

5. California Institute of Technology (Amerika Serikat)
Jumlah siswa: 2.255 siswa
Perbandingan siswa dengan pengajar: 6.5
Siswa internasional: 29%
Rasio siswa pria dan wanita: 67:33

6. Harvard University (Amerika Serikat)
Jumlah siswa: 20.595 siswa
Perbandingan siswa dengan pengajar: 9.1
Siswa internasional: 26%
Rasio siswa pria dan wanita: 52:48

7. Princeton University (Amerika Serikat)
Jumlah siswa: 7.996 siswa
Perbandingan siswa dengan pengajar: 8.2
Siswa internasional: 24%
Rasio siswa pria dan wanita: 55:45

8. Yale University (Amerika Serikat)
Jumlah siswa: 12.318 siswa
Perbandingan siswa dengan pengajar: 5.2
Siswa internasional: 20%
Rasio siswa pria dan wanita: 50:50

9. Imperial College London (Inggris)
Jumlah siswa: 16.425 siswa
Perbandingan siswa dengan pengajar: 11.7
Siswa internasional: 56%
Rasio siswa pria dan wanita: 62:38

10. University of Chicago (Amerika Serikat)
Jumlah siswa: 13.562 siswa
Perbandingan siswa dengan pengajar: 6.1
Siswa internasional: 25%
Rasio siswa pria dan wanita: 56:44

 

Sumber; Sindonews

(Visited 10 times, 1 visits today)
Bagikan Tulisan ini :

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*