Gianluigi Buffon dan para pemain Italia usai kekalahan dari Swedia. [Reuters]

Italia Gagal ke Piala Dunia, Perpisahan Pahit untuk Buffon

Bagikan Tulisan ini :

Jurnalsulawesi.com – Gianluigi Buffon tak bisa menahan air matanya, usai Italia hanya mampu bermain imbang 0-0 dengan Swedia di partai playoff Piala Dunia, Selasa (14/11/2017) dini hari WIB. Hasil di San Siro ini membuat Gli Azzurri untuk kali pertama sejak 1958, gagal tampil di Piala Dunia.

Usai laga ini, Buffon memutuskan pensiun dari sepakbola internasional. Perpisahan yang pahit, karena Gli Azzurri gagal tampil di Rusia tahun depan.

“Sayang sekali, pertandingan resmi terakhir saya bertepatan dengan kegagalan Italia lolos ke Piala Dunia,” kata Buffon pada Rai Sport.

“Namun, masih ada masa depan untuk sepakbola Italia. Kami memiliki kebanggaan, kemampuan, dan tekad setelah terjatuh. Kami selalu menemukan cara untuk bangkit kembali,” ujar kiper Juventus ini.

Buffon sudah 175 kali membela negaranya sejak 1997. Meski mengakhiri laga di Italia dengan buruk, beberapa pencapaian emas sudah pernah diraihnya. Termasuk titel juara Piala Dunia 2006.

“Ini mengecewakan. Bukan untuk saya, tapi untuk perkembangan sepakbola. Kami gagal mencapai sesuatu yang benar-benar penting untuk negara.”

Tak Lolos
Dengan hasil imbang tanpa gol, secara agregat Swedia berhak lolos lantaran unggul agregat 1-0.

Bertekad untuk lolos ke Piala Dunia 2018, Gli Azzuri langsung tampil menyerang. Ciro Immobile sudah mengancam gawang Swedia yang dikawal Robin Olsen di awal laga.

Tak lama berselang, giliran Alessandro Florenzi yang mencoba peruntungan. Dia melepaskan tendangan voli yang hanya menghasilkan tendangan gawang.

Viktor Claesson coba memberikan ancaman ke gawang Gianluigi Buffon dengan tendangan bebasnya di menit 13. Tapi, Leonardo Bonucci dengan sigap menghalau bola.

Italia memiliki satu peluang emas untuk unggul di babak pertama dan menyamakan agregat setelah Immobile mampu mengelabui kiper. Sayang, bola yang bergulir ke arah gawang berhasil dihalau oleh bek Swedia. Skor masih kacamata di paruh pertama.

Florenzi kembali mencoba peruntungan di babak kedua. Pemain AS Roma itu melepaskan tendangan salto yang belum menemui sasaran.

Italia tak memberi Swedia napas. Mereka terus menggempur pertahanan lawan. Beruntung, bek Swedia masih mampu bertahan dengan baik.

Daya gedor La Nazionale semakin bertambah dengan masuknya Stephan El Shaarawy dan Andrea Belotti. El Shaarawy juga memiliki peluang untuk mencetak gol yang masih bisa dihalau kiper Swedia.

Serangan bertubi-tubi dilancarkan oleh Italia di sisa waktu yang tersisa di babak kedua. Tapi, pertahanan Swedia sangat solid. Hingga peluit panjang dibunyikan, skor masih kacamata dan membuat Italia gagal lolos ke Piala Dunia 2018.

Susunan Pemain:

Italia: Gianluigi Buffon (PG); Andrea Barzagli, Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini, Antonio Candreva (Federico Bernardeschi 76′), Alessandro Florenzi, Jorginho, Marco Parolo, Matteo Darmian (Stephan El Shaarawy 63′), Manolo Gabbiadini (Andrea Belotti 63′), Ciro Immobile.

Swedia: Robin Olsen (PG); Ludwig Augustinsson, Andreas Granqvist, Victor Lindeloef, Mikael Lustig, Emil Forsberg, Sebastian Larsson, Jakob Johansson (Gustav Svensson 19′), Viktor Claesson (Marcus Rohden 72′), Marcus Berg, Ola Toivonen (Isaac Thelin 54′). [Viva.co.id]

 

(Visited 37 times, 1 visits today)

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*