Gedung SD 5 Basindondo yang baru direhab secara swakelola. [Ist]

Jaksa Bidik Rehab RKB SD 5 Basidondo Tolitoli

Tolitoli, Jurnalsulawesi.com – Kejaksaan Negeri Cabang Kecamatan Ogotua, Kabupaten Tolitoli, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), tengah membidik proyek rehab tiga ruangan kelas belajar (RKB) Sekolah Dasar (SD) 5 Basidondo, karena dinilai bermasalah.

Kacabjari Ogotua, Cahyadi,SH mengatakan, pihaknya saat ini masih melakukan pengumpulan data (Puldata) dan bahan keterangan (Baket), terkait pembangunan rehab tiga RKB SD 5 Basidondo itu.

“Kami masih Puldata dan Pulbaket, karena rehab RKB ini bermasalah, sebab ada beberapa item pekerjaan tidak dikerjakan,” katanya, Minggu (8/7/2018).

Ia juga menuturkan bahwa penyidik juga telah mengundang pihak Dinas Pendidikan Tolitoli dan tim verifikasi tata kelola untuk dimintai keterangan, termasuk pihak sekolah yang melaksanakan pekerjaan rehab SD tersebut.

“Penyidik masih sementara memeriksa pihak Diknas Tolitoli, tim verifikasi dan pihak sekolah selaku pelaksana pekerjaan,” ujar Cahyadi.

Sementara Ketua Tim Verifikasi Takola Lewi, mengakui rehab RKB SD 5 Basidondo bermasalah, karena ada sejumlah item pekerjaan yang tidak dilaksanakan oleh kepala sekolah selaku pelaksana pekerjaan. Beberapa item itu diantaranya, pekerjaan instalasi listrik yang sampai saat ini belum ada, serta pekerjaan pemasangan keramik. Seharusnya lantai keramik ini diganti, namun sampai saat ini kepala sekolah, Suwono masih menggunakan lantai keramik lama.

“Dua item pekerjaan itu yang tidak di laksanakan, sementara di RAB harus di laksanakan karena anggarannya mencapai Rp200 juta lebih,” kata Lewi.

Pihaknya juga membenarkan telah dimintai keterangan bersama pejabat Diknas oleh jaksa.

“Iya, saya sudah dimintai keterangan terkait pekerjaan rehab tiga RKB SD 5 Basidondo. Saya juga menjelaskan bahwa pekerjaan itu diswakelola langsung oleh Kepala Sekolah, ” pungkasnya. [***]

Penulis; Agus Manggona

(Visited 50 times, 1 visits today)

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*