Suasana launching buku Nakhoda Penunggang Badai karya Jamrin Abubakar yang di hadiri Ketua DPRD Donggala, Moh Yasin, di Kafe Net, Kota Donggala, Sabtu (06/01/2018). [Jose Rizal]

Jamrin Abubakar Launching Buku Baru

Bagikan Tulisan ini :

Laporan: Jose Rizal
Jurnalsulawesi.com – Kecintaaannya terhadap Kabupaten Donggala tidak perlu diragukan lagi. Buku-buku nya banyak berkisah tentang sejarah kabupaten tertua di Sulteng ini. Dia menyebut, tulisan-tulisannya yang sudah dibukukan dan kadang kritis itu sebagai bukti cintanya kepada Donggala.

Di awal tahun 2018, bertempat di salah satu kafe di Kota Donggala, Sabtu (06/1/2018) wartawan senior Media Alkhairat (MAL) ini melanuching buku baru. Buku setebal 165 halaman ini berjudul Nakhoda Penunggang Badai dengan sub judul Elit Baru Dalam Dinamika Parlemen di Donggala. Dari sub judulnya kita memahami bahwa Jamrin menyedorkan kepada pembaca tentang sejarah parlemen di Donggala dari masa ke masa.

Buku ini terbagi dalam enam bab. Di bagian kedua buku bersampul merah putih dengan latar belakang Ketua DPRD Donggala yang pertama, Djafar Lapasere, hingga ketua DPRD saat ini, Moh Masin ini berkisah tentang Kabupaten Donggala dalam dinamika politik.

Pada bagian ketiga buku ini mengulas tentang pergulatan pemikiran membawa aspirasi rakyat. Bagian ke empat tentang jejak anak kampung bernama Moh Yasin sebagai elit baru dalam perlemen di Donggala. Pada bagian ke empat ini, Jamrin mengulas banyak hal diantaranya soal jejak Moh Yasin dari LSM hingga ke panggung politik.

Bagian kelima dari buku ini sebagai penutup. Namun ada yang menarik dari buku ini. Pada sampul belakangnya ada tanggapan Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Prabowo Subianto dengan menuliskan pandangannya.

“Negara ini suka atau tidak suka diatur dalam suatu system perpolitikan. Dan untuk merebut kekuasaan itu hanya melalui konstitusi dengan partai politik. Kalau Negara mau baik, maka orang-orang baik harus berpolitik. Kalau orang baik tidak mau berpolitik, maka jangan salahkan kalau penguasa itu adalah orang yang tidak baik,” tulis Prabowo.

Dalam launching buku barunya kali ini, dihadiri tokoh masyarakat, akademisi, politisi, pegiat literasi, hingga Ketua DPRD Donggala, Moh Yasin, Wakil Ketua DPRD Donggala, Abdul Rasyid, dan Ketua Fraksi Persatuan dan Keadilan DPRD Donggala, Namrud Mado. [***]

(Visited 107 times, 1 visits today)

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*