[Ilustrasi]

Jelang Masuk Sekolah, Ajari Si Kecil Makna Berbagi

Jurnalsulawesi.com – Liburan sekolah akan segera berakhir. Menyambut masuk sekolah kembali, orangtua harus mampu memberi semangat baru untuk si kecil, khususnya yang masih di bangku sekolah dasar.

Salah satu bentuk semangat baru untuk si kecil bisa diberikan melalui edukasi mengenai makna berbagi. Berbicara mengenai berbagi, menurut data CAF (Charities Aid Foundation) 2018, Indonesia menempati urutan pertama di dunia dalam “The World Giving Index”.

Ada tiga aspek yang dilihat dalam indeks ini, yaitu menolong orang tidak dikenal, mendonasikan uang, dan meluangkan waktu untuk menjadi relawan atau volunteering. Konsep berbagi telah hadir di masyarakat adat Indonesia sejak zaman dulu.

“Bagi masyarakat adat Toraja, misalnya, apa yang diterima harus dikembalikan dengan membagikannya dalam rasa syukur (pole poraya), kurresumanga’ (terima kasih), pole poraya (kembali kasih). Ada timbal balik, ada tanggung jawab untuk sama-sama melakukan kebaikan,” ujar Co-founder Sokola Institute, Butet Manurung, pekan lalu.

Buku inspiratif berjudul The Art of Giving Back karya Nila Tanzil, yang juga dikenal sebagai founder Taman Bacaan Pelangi, mampu memberikan inspirasi kepada masyarakat mengenai seni berbagi kebaikan terhadap sesama. Di dalam bukunya, Nila menceritakan tentang pengalaman traveling di berbagai negara di dunia serta di Indonesia yang mengajarkannya berbagai nilai kehidupan yang bisa diberikan pada si kecil.

Terlebih, berbagai bencana alam yang terjadi di Indonesia, mampu memanggil keprihatinan dari orang banyak untuk turut membantu para korban bencana dengan memberikan donasi dana maupun barang.

Dalam buku The Art of Giving Back ini, Nila Tanzil, memberikan ide-ide segar mengenai berbagi cara kepada masyarakat di sekitar, di luar cara berbagi yang konvensional.

“Ada banyak cara untuk berbagi, tidak hanya berbagi materi atau uang. Melalui buku ini, saya berharap dapat menginspirasi para pembaca untuk saling berbagi, dalam bentuk apa pun itu,” ungkap Nila.[***]

Sumber; Viva

(Visited 9 times, 1 visits today)
Bagikan Tulisan ini :

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*