Jaksa Kejari Tolitoli, Rustam Efendi, SH.

Kadis Sosial Tolitoli Bakal Jadi Tersangka

Bagikan Tulisan ini :

Tolitoli, Jurnalsulawesi.com – Kepala Dinas (Kadis) Sosial Kabupaten Tolitoli, Indar Dg Silasa bakal menjadi tersangka dalam kasus pemalsuan dokumen surat tanah di Desa Bajugan, Kecamatan Galang, Kabupaten Tolitoli, Provinsi Sulawesi Tengah.

Selain Kadis Sosial yang menjadi terlapor pada kasus pemalsuan surat tanah tersebut yakni Kepala Desa (Kades) setempat, Surianto selaku pembuat akta jual beli tanah sebesar Rp15 juta, padahal lokasi yang diperjualbelikan itu resmi milik Jeri Umbas, salah satu warga di desa itu.

“Lokasi itu milik Jeri Umbas dilengkapi dengan sporadik kemudian dipisah dua lalu diperjualbelikan kepada Yakob dan Toni. Keterlibatan Kadis selaku penjual tapi tidak memiliki hak tanah,” terang Jaksa yang menangani perkara tanah di Kejari Tolitoli, Rustam Efendi SH kepada wartawan, Senin (8/1/2018).

Dalam perkara tanah di desa itu yang menjadi terlapor sebanyak empat orang, sementara menjadi tersangka kini baru tiga orang, termasuk Kades dan dua orang pembeli, untuk Kadis Sosial yang memiliki peran sebagai penjual masih terus dikembangkan.

“Yang pasti dalam kasus tanah ini masih pemberkasan atau P21 untuk ditingkatkan ke penuntutan,” kata Rustam.

Kapolsek Kecamatan Galang, Iptu Edwin Yakobus yang dikonfirmasi terkait perkara tanah yang melibatkan Kadis Sosial Kabupaten Tolitoli Indar Dg Silasa membenarkan, bahwa pihaknya melimpahkan kasus ke Kejari Tolitoli.

“Benar perkara tanah di Desa Bajugan penyelidikan hingga penyidikannya di tangani Polsek dan sudah dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Tolitoli,” katanya. [***]

Rep; Ramlan Rizal
Red; Sutrisno

(Visited 1.380 times, 4 visits today)

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*