Marc Marquez dinyatakan bersalah karena menahan laju Maverick Vinales pada babak kualifikasi MotoGP Amerika Serikat di Sirkuit Austin, Minggu (22/4/2018) dini hari. [AP]

Kembali Berulah, Marquez Kena Penalti Start MotoGP Amerika

Bagikan Tulisan ini :

Jurnalsulawesi.com – Marc Marquez dikenakan penalti setelah berulah menahan laju Maverick Vinales pada babak kualifikasi MotoGP Amerika Serikat di Sirkuit Austin, Minggu (22/4/2018) dini hari. Pebalap Repsol Honda itu mendapat hukuman penalti turun tiga posisi pada balapan MotoGP Amerika Serikat di Sirkuit Austin, Senin (23/42018) dini hari WITA.

Penalti itu diberikan setelah Race Direction melakukan investigasi dan menemukan bukti Marquez menghalangi laju Vinales di tikungan 15 Sirkuit Austin saat babak kualifikasi MotoGP Amerika menyisakan 2,5 menit.

Padahal Marquez sukses merebut pole pada babak kualifikasi MotoGP Amerika itu dengan mengalahkan Maverick Vinales dan Andrea Iannone.

Dalam tayangan babak kualifikasi MotoGP Amerika, Vinales terlihat kesal dengan Marquez yang menahan lajunya saat melakukan putaran yang cepat. Vinales dan Marquez sempat terlibat cekcok di atas trek.

Juara bertahan MotoGP Amerika itu dinyatakan bersalah karena menahan laju Vinales di tikungan 15 Sirkuit Austin saat babak kualifikasi menyisakan 2,5 menit.

Marquez mengaku tidak beruntung setelah mendapat penalti dan harus turun start di posisi empat. Pebalap 25 tahun itu mengira kondisi trek kosong setelah keluar dari garasi Repsol Honda.

“Saya tidak beruntung. Saya keluar dari garasi dan mengira tidak ada pebalap yang berada di belakang. Tiba-tiba saya mendengar suara mesin sepeda motor. Sebenarnya saya lebih mencari Iannone daripada fokus siapa yang ada di belakang,” ujar Marquez dalam konferensi pers usai kualifikasi MotoGP Amerika.

Lebih lanjut Marquez sudah berusaha memberi jalan Vinales ketika melakukan putaran yang cepat demi meraih pole, namun usahanya gagal. Pebalap berjuluk The Baby Alien itu pun mengakui kesalahannya.

“Ketika saya mendengar suara mesin, saya langsung masuk [ke sisi dalam] secepat mungkin. Tapi sepertinya saya merusak lap [Vinales], saya mendapat penalti tiga posisi. Saya tidak bisa bicara lebih banyak lagi. Saya mencatatkan waktu terbaik dan besok balapannya,” ucap Marquez.

Dengan turun tiga posisi Marquez akan start dari posisi empat di MotoGP Amerika. Juara dunia MotoGP empat kali itu akan start di depan Valentino Rossi. Sementara posisi start tiga terdepan menjadi milik Vinales, Iannone, dan Johann Zarco.

Sebelumnya, pada MotoGP Argentina Marquez juga dikenakan penalti katena menyenggol pebalap Movistar Yamaha Valentino Rossi. [***]

Sumber; CNNIndonesia
Editor; Sutrisno

(Visited 129 times, 1 visits today)

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*