Muhamad Natsir Said

Ketika Menua

Oleh; Natsir Said
Usia terus bertambah. Kekuatan kita hanya melewati. Soal ia hendak menjadikan bermakna adalah pilihan, tentu dengan tingkat pehaman pada asal penciptaan.

Cara pandang pada tujuan penciptaan sangat mempengaruhi sikap seluruh dimensi hidup. Ia menjadi kompas atas perilaku, ia menjadi bintang sebagai penunjuk arah bagi pelaut di luasnya samudera hidup. Terlalu penting hingga para filsuf terkenal menghabiskan seluruh fikirnya, mendefinisikan cara pandang itu lalu mewariskan untuk sekadar membagi hikmah.

Syihabuddin Syuhrawardi dalam kelompok filsafat iluminasi menambahkan tingkat pahaman tidak lepas dari proses penyucian diri, pengekangan potensi hewaniah yang juga melekat untuk mengungkap lebih banyak pengetahuan atas esensi. Menambah dimensi spiritual atas penalaran Aristoteles yang cenderung lebih menekankan pondasi argumentatif.

Sepintas upaya untuk menelisik makna dan tujuan penciptaan dianggap tidak fundamental dalam proses interaksi sosial. Bahkan tidak jarang dari kita masih menilai diskusi filsafat adalah bagian dari upaya ‘onani intelektual’. Padahal, upaya mengetahui dinamika hidup yang diawali dari proses hingga tujuan penciptaan sama halnya menentukan titik koordinat pada kompas untuk menjadi titik tuju.

Dengan titik itulah, kita menjadi selalu ingin mengarahkan pandangan dalam pola interaksi sosial. Jikapun pada faktanya kadang-jika tidak hendak disebut selalu-melenceng keluar jalur, namun setidaknya insting akan kembali mengingatkan titik koordinat tujuan.

Suatu saat, ketika ramainya kehidupan kehilangan fungsi untuk membahagiakan, saat itu kita akan menjadi sadar bahwa putaran waktu akan terus menyeret fisik yang dianggap ‘ada’ ini pada ketiadaan. Kembali pada realitas tunggal sebelum kita sadar bahwa terlalu lambat untuk menentukan titik koordinat sebelum menjadi tua. [***]

(Penulis adalah warga Kota Palu dan Mantan Jurnalis)

(Visited 73 times, 1 visits today)
Bagikan Tulisan ini :

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*