Banjir di depan Gedung Islamic Center Kendari. [Kompasiana]

Kota Kendari Siaga Satu Banjir

Bagikan Tulisan ini :

Kendari, Jurnalsulawesi.com – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Nur Alam menyatakan bahwa Kota Kendari dan beberapa kabupaten lainnya berstatus siaga satu banjir.

Status tersebut dikeluarkan setelah Nur Alam beserta jajarannya melakukan peninjauan yang ke beberapa titik yang tergenang banjir pada Minggu (14/5/2017).

Wilayah yang pertama dikunjungi adalah Kali Wanggu, di Kelurahan Lepo-Lepo Kecamatan Baruga, Kendari.

Usai melakukan pemantauan, Nur Alam mengatakan kondisi banjir yang terjadi di Kali Wanggu bukan karena tanggul yang tidak berfungsi dengan baik, melainkan karena curah hujan yang terus meningkat serta rembesan air dari kali-kali sekitar Wanggu.

Kondisi tersebut diperparah dengan perambahan hutan yang mengurangi daerah resapan air.

“Yang terpenting saat ini adalah keselamatan warga, yang akan ditangani bersama tim dari TNI/Polri dan SAR,” kata Nur Alam, seperti yang dilansir dari Antara.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana Daerah (BNPBD) Provinsi Sultra menyebutkan, khusus untuk wilayah Wanggu ada sekitar 91 kepala keluarga yang rumahnya terendam banjir, dengan jumlah 406 jiwa yang diungsikan dari kediamannya.

Sedangkan kabupaten yang juga tergenang banjir ialah Konawe Selatan, Konawe Kepulauan, Konawe, Konawe Utara dan Buton Utara.

Namun, hingga saat ini belum ada laporan mengenai korban jiwa. [***]

Source; CNN Indonesia

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*