Ketua KPU Arief Budiman

KPU Klaim Pilkada Serentak 2018 Lancar

Sidoarjo, Jurnalsulawesi.com – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman mengklaim pelaksanaan pemungutan suara Pilkada Serentak 2018 di 171 daerah hari ini berjalan lancar. Dia mengatakan hingga saat ini belum ada informasi tentang hal-hal yang mengganggu jalannya pemungutan suara di TPS.

“Secara nasional kami terus memonitoring di 171 daerah. Tidak ada laporan yang menyebabkan penyelenggaraan pilkada serentak ini mengganggu dan mengkhawatirkan,” ucap Arief telekonferensi di Sidoarjo, Jawa Timur, Rabu (27/6/2018).

Diketahui, hari ini pemungutan suara Pilkada 2018 dilakukan secara serentak di 171 daerah, antara lain 17 provinsi, 39 kota, dan 115 kabupaten.

Arief memantau pelaksanaan pemungutan suara di Surabaya, Sidoarjo, dan Bangkalan, Jawa Timur. Arief, bersama perwakilan Komisi II DPR, Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, serta Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) mendatangi 12 TPS di tiga daerah tersebut.

Arief cukup puas dengan hasil pemantauannya. Menurut Arief, pemungutan suara di TPS sudah dilakukan sebagaimana mestinya.

“Regulasi dijalankan degnan baik. Walau tentu tidak sempurna. Ada di beberapa tempat TPS-nya kecil,” kata Arief.

Di tempat yang sama, Ketua Komisi II DPR Zainudin Amali mengucapkan terima kasih kepada KPU dan Bawaslu. Menurutnya, sejauh ini tidak ada laporan yang mengkhawatirkan hingga mengganggu pelaksanaan pemungutan suara.

“Pimpinan dan anggota Komisi II menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas penyelenggaraan pilkada 2018 ini,” ucap Zainuddin.

Kader Partai Golkar itu mengklaim turut mengikuti perkembangan pelaksanaan pemungutan suara di berbagai daerah. Baik di Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, serta wilayah Indonesia Timur. Sejauh ini, lanjutnya, pemungutan suara memang berjalan dengan baik.

Zainudin juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah yang melaksanaan pilkada 2018. Walau bagaimanapun, kesuksesan pelaksanaan Pilkada 2018 tidak lepas dari peran pemda setempat.

“Kita ketahui bersama untuk pembiayaan pilkada sekarang ini, peran Pemda melalui anggaran daerah juga berperan sangat siginifikan,” ucap Zainudin. [***]

Sumber; CNNIndonesia

(Visited 13 times, 1 visits today)
Bagikan Tulisan ini :

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*