Ketua KPU Kabupaten Tolitoli, Suleman Padjalani

KPU Tolitoli Akan Gugurkan Tiga Bacaleg

Tolitoli, Jurnalsulawesi.com – Sedikitnya tiga Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) DPRD Kabupaten Tolitoli pencalonannya akan digugurkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Dari Bacaleg tersebut dua diantaranya merupakan mantan narapidana kasus korupsi dan satu lainnya tidak mencukupi umur.

Hal tersebut diakui Ketua KPU Tolitoli, Sulaiman Pajalani yang ditemui di kantornya, Selasa (4/9/2018). Ia membenarkan adanya Bacaleg yang bakal digugurkan. Namun Sulaiman masih enggan merinci nama-nama Bacaleg yang akan digugurkan tersebut.

Dari hasil penelusuran Jurnalsulawesi.com di Pegadilan Negeri (PN) Tolitoli, dalam putusan pengadilan, dua nama Bacaleg yang pernah melakukan pelanggaran hukum dan bakal digugurkan dalam tahapan Daftar Calon Tetap (DCT) oleh KPU Tolitoli. Dua nama tersebut diantaranya, Syaprudin Sauda dari Partai Demokrat, Pensi dari PKS. Sementara satu Bacaleg yang tidak mencukupi umur berasal dari Partai Perindo.

Sebelumnya KPU telah melakukan sosialisasi agar tidak memperbolehkan mantan napi untuk maju sebagai Caleg. Hal itu berdasarkan aturan PKPU Nomor 20 tahun 2018. Bahwa terdapat tiga kategori yang tidak dapat diteruskan pencalonannya jika Caleg terindikasi sebagai mantan terpidana korupsi, mantan napi narkoba, dan kejahatan seksual terhadap anak.

“Para nama Bacaleg yang digugurkan atau tidak memenuhi syarat, karena telah melanggar PKPU No 20 pasal 4 ayat 3, di mana partai tidak boleh menyertakan mantan terpidana tiga kejahatan. Salah satunya yaitu Korupsi,” kata Ketua KPU Tolitoli.

Untuk diketahui tiga Bacaleg yang tidak memenuhi persyaratan alias digugurkan pihak KPU Kabupaten Tolitoli karena adanya tanggapan masyarakat saat dilakukan tahapan pengumuman Daftar Calon Sementara (DCS). [***]

Penulis; Ramlan Rizal

(Visited 211 times, 1 visits today)
Bagikan Tulisan ini :

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*