Sulitnya akses jalan membuat personil Polda Kaltim harus mengantarkan bantuan logistik untuk warga desa terpencil menggunakan motor trail.

Lalui Medan Terjal, Wakapolda Kaltim Pimpin Distribusi Bantuan di Sigi

Palu, Jurnalsulawesi.com – Jajaran Polda Kalimantan Timur (Kaltim) mendustribusikan bantuan ke tiga desa terpencil di Kabupaten Sigi dan Donggala yang terdampak gempa, Kamis (11/10/2018). Tiga desa tersebut yakni Desa Puroo dan Desa Anca, di Kecamatan Rano Lindu dan Desa Namo Kecamatan Kulawi, Kabupaten Sigi. Sementara di Kabupaten Donggala, personil Polda Kaltim membantu warga di Desa Malei di Kecamatan Balaesang Tanjung.

Sulitnya akses jalur darat mengharuskan personil Polda Kaltim mendistribusikan bantuan logistik yang menjadi kebutuhan warga terdampak gempa di desa-desa di Kabupaten Sigi itu, menggunakan kendaraan roda dua jenis traill yang melibatkan 36 personil.

Di Desa Puroo terdapat 243 KK atau 736 yang diberikan bantuan berupa 30 buah terpal/tenda, 50 dus sarden, 50 dus minyak goreng, 70 bh dus mie instant dan 80 kg beras.

Selain itu juga dilakukan pengobatan gratis terhadap 27 warga yang sakit karena demam, diare dan luka-luka ringan akibat tertimpa kayu saat terjadi gempa.

Sedangkan di Desa Anca, bantuan yang diberikan kepada 178 KK berupa 700 paket sembako yang berisi beras 5 Kg, minyak goreng, biskuit, air mineral, sarden, mie instant, susu dan perlengkapan mandi.

Wakapolda Kaltim Brigjend Pol Drs Lukman Wahyu Harianto, M.Si menghibur balita yang harus tinggal di tenda pengungsi karena terdampak gempa Donggala.

Selain itu juga dilakukan pendistribusian 300 paket sembako kepada warga yang rumahnya roboh akibat gempa di Kecamatan Kulawi, Kabupaten Sigi.

Untuk menuju ke tiga wilayah tersebut, dibutuhkan waktu sekira 4,5 jam menggunakan roda dua karena akses sarana jalan tertutup longsor akibat gempa.

“Kami melibatkan 36 personil Polri Polda Kaltim dengan menggunakan sepeda motor trail, dua unit mobil dan empat truk untuk membawa logistik sampai di desa terdekat, tepatnya di Desa Namo, Kecamatan Kulawi. Dari Desa Namo logistik disalurkan menggunankan roda dua menuju tiga desa tersebut,” kata Wakapolda Kaltim, Brigjend Pol Drs Lukman Wahyu Harianto, M.Si, yang memimpin pendistribusian bantuan kemanusiaan tersebut.

Dengan KRI Layang 635, personil Polda Kaltim berhasil mengantarkan bantuan untuk warga di Desa Melei Kecamatan Balaesang Tanjung, Kabupaten Donggala.

Sementara, pada hari yang sama personil Polda Kaltim lainnya juga telah mendistribusikan bantuan logistik di Desa Malei, Kecamatan Balaesang Tanjung, Kabupaten Donggala dengan menggunakan KRI Layang 635.

“Demi kemanusiaan, jalan putus di darat, laut, udara bagi kami tidak menjadi hambatan untuk bisa menjangkau saudara-saudara kita yang ada di daerah yang terisolasi. Mereka hampir putus asa karena belum ada yang menjangkau untuk memberikan bantuan. Alhamdulillah personil kami bisa menjangkau mereka untuk memberikan bantuan,” kata Brigjend Pol Lukman Wahyu Harianto. [***]

Penulis; Sutrisno

(Visited 97 times, 1 visits today)
Bagikan Tulisan ini :

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*