Logo WhatsApp

Lima Fitur Baru WhatsApp, Salah Satunya untuk Deteksi Hoax

Jurnalsulawesi.com – Aplikasi perpesanan WhatsApp merilis beberapa update fitur terbaru. Salah satunya Notification Centre. Berikut lima fitur terbaru yang akan bergabung di layanan WhatsApp, seperti dilansir Express dan Firstpost, Rabu (18/7/2018).

Mark As Read
Fitur ini memungkinkan pengguna WhatsApp membaca pesan pada Notification centre dan menandainya telah dibaca jadi notifikasi baca tidak akan muncul. Ini termasuk ikon centang dua berwarna biru muncul, yang akan memberi tahu bahwa penerima telah membaca pesan.

Namun, tidak ada penjelasan apakah pilihan memilih Mark As Read dan meminta pengirim tidak tahu penerima membaca pesan tersedia atau tidak. Karena user belum sepenuhnya masuk ke dalam WhatsApp sepenuhnya.

Mute
Untuk setting Mute akan tersedia pula di Notification Centre. Fitur ini akan membuat pengguna menonaktifkan percakapan atau grup tertentu.

Selain itu tidak dijelaskan adanya periode waktu menonaktifkan percakapan atau grup tertentu tersebut. Pilihan tersebut baru ada pada ‘Reply’ saja.

Forwarded
Muncul pada pesan yang diteruskan dari pengguna lain. Fitur ini menjadi cara WhatsApp untuk mengatasi penyebaran informasi salah atau fake news, di mana sebelumnya telah membuat layanan messaging ini cukup tersiksa.

Suspicious Link Detection
Alat atau tool satu ini sebenarnya telah ada di aplikasi WhatsApp versi Android. Suspicious Link Detection digunakan untuk melawan penyebaran berita palsu atau hoax dan spamming dari link berbahaya.

Namun sepertinya, sistem ini akan mendeteksi jika URL mengarahkan pengguna pada situs palsu atau jahat. Nantinya Suspicious Link Detection akan memeriksa validitas dari website tersebut.

WhatsApp akan menandai link bermasalah dengan warna merah. Pengguna masih bisa membuka link-nya. Tapi, aplikasi akan memperingatkan sekali lagi untuk memastikan user masuk ke dalam situs tersebut.

Sticker
Pada informasi yang beredar, WhatsApp akan memberitahu jika ada paket stiker muncul. Notifikasi akan terlihat di tanda Plus (+) dengan titik hijau.

Pengguna akan memiliki pilihan untuk update ataupun unduh fitur tersebut. Versi beta dari Stiker itu sudah ada paket yang tersedia, yaitu Bibimbap Friends dan Unchie & Rollie.

Pada Unchie & Rollie terlihat stiker yang saling tertawa atau mengatakan ‘hi’. Sedangkan, beberapa stiker Bibimbap terlihat sedang marah ataupun bersemangat. [***]

 

Sumber; Viva

(Visited 8 times, 1 visits today)
Bagikan Tulisan ini :

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*