Litbang Mabes TNI AD mempraktekkan metode aquaponic di halaman Dinas TPHP, Kabupaten Parimo, Rabu, (15/11/2017). [Humas]

Litbang TNI AD Praktekkan Metode Pertanian Aquaponic di Parimo

Bagikan Tulisan ini :

Parimo, Jurnalsulawesi.com – Lembaga Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Markas Besar TNI Angkatan Darat (AD), mempraktekkan metode pertanian Aquaponic, di Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Rabu, (15/11/2017).

Kolonel Kav Rihananto Baroto dari Litbang TNI AD mengatakan, metode aquaponic adalah sistem pertanian berkelanjutan, yang mengkombinasikan akuakultur dan hidroponik dalam lingkungan yang bersifat simbiotik atau bertanam tanpa menggunakan tanah/lahan.

Dengan dilakukannya praktek yang dilakukan di halaman Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) ini, metode aquaponic ini akan dikembangkan di Kabupaten Parimo.

Sementara, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Parimo saat ini tengah menerapkan metode pertanian aquaponic di wilayah Parigi Moutong.

Metode itu sedang di uji coba di Desa Dolago Kecamatan Parigi Selatan. Metode tersebut diterapkan untuk meningkatkan produksi dan kualitas pertanian di wilayah yang dikenal sebagai penghasil beras itu.

Kepala Dinas TPHP Kabupaten Parigi Moutong, Nelson Metubun SP mengatakan, untuk mengembangkan metode itu, Dinas TPHP telah mempesiapkan green house berukuran 15 x 7,5 meter di halaman Dinas TPHP Dolago.

Green house adalah sebuah bangunan yang dibentuk untuk menghindari dan merawat tanaman terhadap segala macam perubahan cuaca. Green house juga dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai rumah kaca.

“Intinya dengan metode ini, menanam tanaman tidak perlu menggunakan tanah,” kata Nelson. [Humas Pemda Parimo]

(Visited 31 times, 1 visits today)

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*