Ketua DPD Gerindra Sulteng, Longki Djanggola menyerahkan berkas pendaftaran Bacalaeg ke KPUD Provinsi Sulteng, Minggu (15/7/2018). [Ist]

Longki Jamin Bacaleg Gerindra ‘Clear’ Masalah Hukum

Palu, Jurnalsulawesi.com – Dewan Pimpinan Daerah Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Sulawesi Tengah (Sulteng) resmi mendaftarkan bakal calon legislatif (bacaleg) untuk tingkat DPRD provinsi ke KPUD Sulteng, Minggu (15/7/2018).

Pendaftaran tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPD Gerindra Sulteng H Longki Djanggola, yang didampingi para Bacaleg dan pengurus DPD Partai besutan Prabowo Subianto itu.

Longki Djanggola menyerahkan langsung berkas pendaftaran kepada Provinsi Sulteng, Ketua KPUD Sulteng Tanwir Lamaming yang didampingi empat komisioner lainnya.

Longki Djanggola mengatakan, partainya mendaftarkan bacaleg sebanyak 45 orang atau sesuai formasi yang ditetapkan. “Sesuai formasi terpenuhi, termasuk persyaratan Bacaleg perempuan sebanyak 30 persen,” ujarnya.

Menurut Longki, Partai Gerindra juga memiliki keinginan yang sama dengan partai-partai lainnya untuk memperoleh suara sebanyak-banyaknya.

Clear Masalah Hukum
Sebelumnya, Longki Djanggola juga menjamin tidak ada Bacaleg DPRD Kabupaten/Kota, Provinsi, maupun DPR RI yang direkrut tersangkut masalah hukum atau terpidana.

Menurut Longki, kalau PKPU itu sudah disepakati secara nasional, Partai Gerindra sangat mendukung keputusan tersebut.

Ia menuturkan, Gerindra di Sulteng sudah melakukan seleksi cukup ketat atas perekrutan Bacaleg, sesuai regulasi KPU mengenai larangan terpidana ikut sebagai Bacaleg.

“Kami tidak akan usulkan caleg yang bermasalah hukum. Khususnya kasus korupsi, kasus narkoba,” katanya.

Sejauh ini lanjut Longki, tim seleksi Badan Pemenangan Pemilu Daerah (Bappda) Gerindra Sulteng sudah melakukan seleksi dan evaluasi berkas Bacaleg yang diusulkan ke KPUD. Pengusulan itu dilakukan secara keseluruhan, baik provinsi maupun kabupaten/kota.

“Kabupaten ada, Bappda Provinsi, Bappda Kabupaten, dan Bappda Kota. Itu masing-masing Dapil. Kalau provinsi ada beberapa dapil,” jelas Longki Djanggola yang juga Gubernur Sulteng.

“Partai Gerindra clear dan tidak mengusulkan Bacaleg yang tersangkut masalah hukum pidana,” ujar Longki memberikan jaminan. [***]

 

Penulis; Bob Shinoda
Editor; Sutrisno

(Visited 81 times, 1 visits today)
Bagikan Tulisan ini :

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*