Gaya membalap Johann Zarco di MotoGP Jepang, Minggu (15/10/2017), dikritik Jorge Lorenzo. [Twitter/Yamaha Tech 3]

Lorenzo: Gaya Balap Zarco seperti Bermain PlayStation

Bagikan Tulisan ini :

Motegi, Jurnalsulawesi.com – Jorge Lorenzo mengkritik Johann Zarco setelah kedua pebalap bersenggolan pada MotoGP Jepang di Sirkuit Twin Ring Motegi, Minggu (15/10/2017). Menurut Lorenzo, gaya balap Zarco seperti orang yang sedang bermain PlayStation.

Pebalap Ducati tersebut sempat memimpin pada lap pembuka MotoGP Motegi. Namun, perlahan dia kehilangan poosisinya. Salah satu faktor yang turut membuat posisi X-Fuera melorot adalah kontak dengan Zarco, di akhir tikungan 9. Insiden tersebut membuat Lorenzo kesal.

“Ini bukan pertama kami saya terlibat kontak dengan Zarco pada tahun ini. Dia sangat agresif saat menyalip, saya rasa sudah berlebihan,” sergah Lorenzo, seperti dilansir Motorsport.

“Rasanya mirip saat Anda bermain PlayStation. Dia merasa tak ada pebalap lain di depannya dan dia hanya fokus memasuki jalur Anda dan dia tak peduli,” imbuh pebalap Spanyol tersebut.

Lorenzo akhirnya finis di posisi keenam, sedangkan Zarco menyudahi balapan di urutan keenam. Bagi Zarco, ini bukan kali pertamanya dirinya dikritik pebalap senior. Sebelumnya, pebalap Yamaha Tech 3 tersebut juga dikritik Rossi setelah keduanya terlibat clash di Austin dan Assen.

“Saya akan berbicara dengan Komisi Keselamatan untuk melihat apa yang bisa mereka lalukan. Bagi saya, sesuatu dapat terjadi pada masa mendatang,” tegas Lorenzo.

“Dia tak sadar sudah terlalu agresif. Saya sudah berbicara dengannya saat balapan selesai, tapi di tak berpikir telah melakukan tindakan yang salah,” imbuh Jorge Lorenzo.

Pebalap Ducati, Andrea Dovizioso dan pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, saat balapan MotoGP Jepang di Sirkuit Motegi, Minggu (15/10/2017). Andrea Dovizoso menyelesaikan balapan dengan catatan waktu 47 menit 14,236 detik. [AP]

Dovizioso Asapi Marquez, Rossi Gagal Finis
Pebalap Ducati, Andrea Dovizioso, menjadi juara balapan MotoGP Jepang di Sirkuit Motegi, Minggu (15/10/2017). Dovizioso memenangi pertarungan sengit kontra Marc Marquez yang berlangsung hingga lap terakhir.

Dovizoso menyelesaikan balapan dengan catatan waktu 47 menit 14,236 detik atau unggul 0,249 detik atas Marquez. Adapun rider Pramac Ducati, Danilo Petrucci, berhasil mengamankan tempat ketiga.

Hujan deras yang mengguyur Sirkut Motegi sejak pagi hari membuat balapan MotoGP Jepang cukup menyulitkan untuk para pebalap. Beberapa rider unggulan bahkan harus terjatuh sejak lap awal.

Cal Crutchlow menjadi pebalap pertama yang harus kembali ke pit lebih cepat setelah terjatuh pada lap kelima. Joki asal Inggris tersebut tak bisa menjaga keseimbangan saat melahap tikungan ketujuh.

Tak lama berselang, Valentino Rossi mengalami nasih yang sama dengan Crutchlow. The Doctor tergelincir pada lap keenam. Setelah insiden ini Rossi tampak berjalan sedikit pincang.

Performa impresif ditampilkan duo Suzuki Ecstar, Alex rins dan Andrea Iannone. Kedua pebalap tersebut berhasil nangkring di posisi lima besar, yang mana ini untuk pertama kalinya terjadi pada MotoGP 2017.

Memasuki sepuluh lap terakhir persaingan ketat terjadi antara Marquez, Dovizioso, dan Petrucci untuk memperebutkan posisi terdepan. The Baby Alien mendapat tekanan ketat dari Dovizioso yang berusaha mengambil celah.

Sempat terjadi persaingan ketat pada tiga lap terakhir. Marquez yang tengah memimpin sempat nyaris terjatuh jelang akhir balapan. Beruntung dia masih mampu mengendalikan laju motornya.

Namun, hal tersebut membuat gap antara Marquez dan Dovizioso menjadi semakin dekat. Bahkan, Dovizioso sempat menyalip Marquez. Tak ingin kalah begitu saja, The Baby Alien kemudian memaksa untuk mengejar pebalap asal Italia tersebut. Namun, kengototannya itu justru berbuah kesalahan di tikungan terakhir.

Marquez memang berhasil menyalip Dovizioso di tikungan terakhir. Namun, dia terlalu melebar sehingga kehilangan posisinya lagi. Momen ini dimanfaatkan Andrea Dovizioso untuk memenangi balapan MotoGP Jepang 2017.[BC]

(Visited 9 times, 1 visits today)

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*