Stop Terorisme. [Ilustrasi]

Mantan Teroris Insyaf, Sekarang Setia pada NKRI

Palu, Jurnalsulawesi.com – Sekelompok teroris yang menamakan dirinya Mujahidin Indonesia Timur (MIT) di bawah pimpinan Santoso, pernah berada di wilayah Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng).

Bahkan, kelompok ini memiliki simpatisan hingga ke luar negeri. Terbukti, beberapa kali mereka kedatangan orang asing suku Uighur untuk bergabung.

Tapi perlu diketahui, tak semua anggota teroris tetap ingin menjadi anggota teroris. Masih ada mantan anggota teroris yang memilih insaf dan berikrar untuk mencintai NKRI.

Salah satunya adalah IR alias DD yang kini telah insyaf dan menyadari kesalahannya, karena menganut paham radikal.

Kepada Kasubdit IV Intelkam Polda Sulteng, Kompol Safarudin, DD mengaku pernah memiliki peran penting bagi kelompok MIT tersebut.

DD yang ditangkap Densus 88 Mabes Polri pada 3 Maret 2015 ini ditangkap karena memiliki 2 unit senpi rakitan. Sebelum ditangkap, DD juga menjadi penunjuk jalan bagi simpatisan Santoso bila ingin bergabung ke kelompok MIT.

Saat itu ia juga yang mengantarkan enam warga Uighur untuk bergabung ke kelompok Santoso.

Kini DD yang telah menjalani hukuman di Lapas Kelas II B Luwuk dan bebas pada 13 Nopember 2017 ini sudah benar-benar insyaf dan menyatakan kesetiaannya pada NKRI.

Akhirnya DD juga menyadari bahwa apa yang ditawarkan saat ia bergabung dengan kelompok radikal tersebut hanyalah fatamorgana.

“Saya juga langsung memutuskan keluar dari kelompok teroris itu, setelah mendapati bahwa tak ada kenikmatan “surga” yang dijanjikan dengan cara seperti itu hanya hayalan semata,” ujar DD kepada Kompol Safrudin, pekan lalu.

Melalui Kompol Safrudin DD mengajak anak-anak muda di daerah ini, khususnya di Kabupaten Poso untuk tidak mengikuti jalan hidupnya masuk ke dalam jaringan radikal, yang membuatnya sempat mendekam di penjara.

“Mari kita menjalankan ajaran Islam dengan benar dan jauhi ajaran-ajaran yang menyimpang dan menyesatkan,” kata DD yang kini hidup damai di Kabupaten Poso. [***]

Penulis; Sutrisno

(Visited 15 times, 1 visits today)
Bagikan Tulisan ini :

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*