Mau Lebih Hemat Kuota dan Memori? Tambahkan Web ke Home Screen Layaknya Aplikasi

Bagikan Tulisan ini :

Jurnalsulawesi.com – Kita terbiasa mencari aplikasi di Play Store untuk mendukung aktivitas, misalnya sosial media, atau mencari informasi. Sayangnya, biasanya dengan sebuah aplikasi, kita akan mengorbankan dua hal :

Pertama tentu saja memori yang digunakan untuk menyimpan aplikasi tersebut. Kemudian, pastinya kuota yang lebih termakan bila aplikasi tersebut aplikasi sosial media yang ratingnya tinggi seperti Facebook atau Instagram.

Nah, untuk itulah, ada tips yang begitu mudah untuk mengakalinya. Mungkin sahabat juga sudah tahu. Yaitu menambahkan web ke home-screen menjadi shortcut layaknya aplikasi yang kita install.

Ini memberikan beberapa keuntungan. Misalnya seperti Twitter yang memberikan versi Lite-nya di web beberapa waktu lalu. Dengan ini, tidak akan jadi masalah bila kita menghapus aplikasi Twitter di ponsel, sebab versi Lite pun tampilannya sama saja. Sudah hemat memori beberapa MB, lebih cepat, dan lebih hemat kuota pula!

Bahkan dengan teknologi Progressive Web App (PWAPP) dari Google, kita tetap bisa mendapatkan notifikasi dari Google Chrome yang terintegrasi dengan web Twitter Lite tersebut. Ini pun berlaku untuk sosial media lain yang sudah mendukung PWAPP.

Begitu juga dengan laman web, seperti jurnalsulawesi.com ini. Tak perlu aplikasi pun, shortcut web Jurnalsulawesi bisa “mejeng” di home-screen smartphone sahabat layaknya aplikasi yang diinstall.

Cara menambahkannya pun mudah, buka Google Chrome dan kunjungi laman yang ingin sahabat buat shortcut-nya. Kemudian klik menu setting (titik tiga di kanan atas), dan pilih Tambahkan ke Layar Utama.

Ini merupakan jalan pintas yang praktis untuk membuka web favorit sahabat, ataupun situs sosmed yang sering dikunjungi tanpa aplikasi yang berat. Google mengungkapkan, masa depan aplikasi justru ada di PWAPP. Jadi, pengguna Android tidak perlu repot-repot menginstall lagi bila semua fitur dalam aplikasi sudah tersedia di laman web.

Source : beritateknologi.com

(Visited 14 times, 1 visits today)

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*