Sekretaris DPD Partai Demokrat Sulteng Abdul Radjak BM Razak (kanan), melakukan pendaftaran Bacaleg di KPU Sulteng, Selasa (17/7/2018). [Agus Manggona]

Mendaftar ke KPU, Demokrat Targetkan 9 Kursi di DPRD Sulteng

Palu, Jurnalsulawesi.com – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), mendaftarkan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) ke Kantor KPU Sulteng, Selasa, (17/7/2017), sekira Pukul 11.00 Wita.

Pendaftaran para Bacaleg partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini dipimpin langsung oleh Sekretaris DPD Partai Demokrat Sulteng Abdul Radjak BM Razak, SH. Partai Demokrat melakukan pendaftaran secara serentak di seluruh Indonesia.

Hadir pula Ketua BPOKK H Rasyid Pusadan, Ketua MPD H Akram Kamaruddin, Direktur Eksekutif Muhammad Sayadi, Ketua DPC Demokrat Kota Palu, Ikbal Basir Khan, serta perwakilan sejumlah caleg yang totalnya berjumlah 45 orang.

Rombongan caleg Partai berlogo Mercy ini datang dengan memakai seragam biru-biru dan diterima oleh Ketua KPU Sulteng Tanwir Lamaming serta anggotanya Naharuddin, Sahran Raden, Halima dan Samsul Y Gafur. Serah terima berkas juga disaksikan anggota Banwaslu Satriawati serta tim verifikasi di ruang rapat KPU Sulteng.

Usai sidang penerimaan berkas, Ketua KPU Sulteng meminta waktu untuk memeriksa kelengkapan adminsitrasinya. Namun, hanya sekira satu jam pemeriksaan, berkas 45 caleg Demokrat Sulteng yang diperiksa dinyatakan lengkap dan memenuhi syarat.

Para pengurus partai dan para Bacaleg menyampaikan terima kasih kepada KPU Sulteng yang telah melayani pendaftaran tersebut.

Mengenai caleg yang didaftarkan, kepada Jurnalsulawesi.com, Abdul Radjak menyatakan, 50 persen wajah lama, atau caleg yang pernah menjadi anggota legislatif di DPRD Sulteng sebelumnya.

Seperti diketahui, enam caleg Demokrat Sulteng pada Pemilu sebelumnya, berhasil menduduki kursi DPRD Sulteng. Untuk Pemiu 2019 mendatang kata Abdul Radjak, Demokrat Sukteng menargetkan bisa meraih 9 kursi, dari total 45 kursi di DPRD Sulteng.

“Kami yakin, partai kami tetap dipercaya masyarakat Sulteng dan kami juga optimistis Partai Demokrat akan kembali ke kajayaan,” kata Abdul Radjak yang juga Caleg DPRD Sulteng Dapil Tolitoli-Buol.

Dijelaskan komposisi caleg Demokrat Sulteng melebihi syarat keterwakilan perempuan yakni mencapai 35 persen. Target Demokrat pada Pileg 2019 mendatang tidak muluk-muluk untuk Dapil Parigi Moutong 2 kursi, Donggala 2 kursi, Kota Palu 1, Luwuk Banggai, Banggai Laut dan Banggai Kepulauan 1 kursi, Tolitoli-Buol 1 kursi serta Poso-Morowali, Morut dan Tojo Unauna, 2 kursi.

“Dari sebelumnya 6 kursi, Insya Allah menjadi 9 kursi, ” kata Abdul Radjak.

Sementara itu, Ketua KPU Sulteng Tanwir Lamaning menyatakan, pendaftaran caleg akan berakhir pada hari ini Selasa (17/7/2018) hingga, pukul 24.00 Wita.

“Kami akan melayani pendaftaran sampai tengah malam, dan berharap semua partai sudah mendaftarkan calegnya. Pada Pemilu 2019 mendatang secara nasional ada 16 partai peserta pemilu,” tandas Tanwir Lamaming.[***]

Penulis; Agus Manggona
Editor; Sutrisno

(Visited 138 times, 1 visits today)
Bagikan Tulisan ini :

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*