Ilustrasi ibu menyusui.

Menyusui Bisa Cegah Penyakit Jantung dan Stroke

Bagikan Tulisan ini :

Jurnalsulawesi.com – Menyusui memiliki manfaat yang begitu besar bagi ibu dan buah hati. Studi terbaru menemukan, menyusui dapat menurunkan risiko penyakit jantung hingga stroke pada ibu.

Dilansir dari laman Medical Daily, studi yang dipublikasikan dalam Journal of American Heart Association itu menunjukkan, menyusui membuat risiko penyakit jantung dan stroke menurun sebesar 10 persen. Kondisi ini tentu saja patut diperhitungkan oleh para ibu.

“Temuan ini mencakup menyusui secara umum, di mana manfaatnya sangat baik untuk ibu,” ujar peneliti studi, Zhengming Chen.

Penelitian tersebut menganalisa lebih dari 289.500 wanita asli China, dengan usia rata-rata 51 tahun. Hampir dari seluruh wanita itu telah menjadi ibu dan tidak memiliki penyakit jantung.

Setelah dilakukan analisis selama delapan tahun lamanya, peneliti menemukan 16.671 kasus penyakit jantung koroner dan 23.00 kasus stroke. Hasil penelitian ini terkait dengan lamanya waktu seorang wanita menyusui buah hatinya, yang ternyata memberikan manfaat untuk jantung.

“Rincian hasil studi ini memang belum ditelaah lebih lanjut. Tapi, manfaat kesehatan bagi ibu menyusui, dapat dijelaskan melalui cepatnya metabolisme ibu usai kehamilan, saat memberikan ASI pada si kecil,” papar peneliti lain, Sanne Peters.

Perubahan metabolisme saat kehamilan, membuat tubuh menampung banyak lemak. Hal itu dibutuhkan untuk mampu membuat janin bisa tumbuh dan berkembang di dalam rahim.

Dengan menyusui, lemak yang tidak lagi dibutuhkan itu akan dimetabolisme kembali. Ini juga akan menghindarkan tubuh dari penumpukan lemak yang memicu penyakit jantung. [***]

(Visited 2 times, 1 visits today)

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*