Mohammad Yasin, S.Sos

Moh Yasin Resmi Diberhentikan

Donggala, Jurnalsulawesi.com – Ketua DPRD Donggala, Moh Yasin resmi diberhentikan melalui sidang paripurna pertama tahun 2018, di ruang sidang utama Kator DPRD Donggala, Selasa (27/3/2018) sore. Sidang Paripurna ini dipimpin Wakil Ketua DPRD Donggala, Abd Rasyid dan dihadiri seluruh anggota DPRD.

Sebelum tanggapan dari anggota dewan, pimpinan sidang mempersilahkan Sekretaris Dewan (Sekwan) Lukman, membacakan nota pengunduran diri Moh Yasin dan Surat Keputusan Pjs Bupati Donggala dihadapan paripurna.

“Berdasarkan UU No 16 tahun 2010 tentang pedoman tatib dewan pasal 43 (2) pemberhentian ketua DPRD harus ditetapkan dalam rapat paripurna,” ujar Lukman membacakan nota tersebut.

“Selain itu, pada pasal 43 (3) juga menyebutkan pemberhentian pimpinan DPRD ditetapkan dengan keputusan DPRD. Olehnya hari ini ketua DPRD Moh Yasin resmi diberhentikan dengan hormat,” sambung dia lagi.

Setelah membacakan putusan tersebut pimpinan sidang menyerahkan keparipurna untuk menyanggah apa yang telah dibacakan oleh Sekwan. Namun peserta paripurna tidak memberikan sanggahan.

“Karena tidak ada tanggapan, paripurna memutuskan memberhentikan dengan hormat Moh Yasin sebagai ketua DPRD periode 2914-2019. Selanjutnya menyerahkan dokumen paripurna ini ke Gubernur Sulteng untuk proses pelantikan PAW,” tutup Rasyid.

Diketahui, Moh Yasin mengundurkan diri sebagai ketua DPRD Donggala karena mengikuti Pilkada. Politisi Gerindra ini rela mundur dari jabatanya pada 14 Februari 2018 lalu karena mendampingi bupati petahana, Kasman Lassa.

Pada Pemilihan Legislatif (Pileg) tahun 2014, Moh Yasin meraih suara seribu seratus sebelas di Daerah Pemilihan (Dapil) III. Disusul Hj. Ratna Tiangso dengan raihan sebanyak empat ratus tiga puluh dua suara. [***]

Penulis; Jose Rizal

(Visited 29 times, 1 visits today)
Bagikan Tulisan ini :

Komentar Anda..!

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*